15 Rincian Biaya Pernikahan 2024, Sederhana Sampai Mewah

Biaya Pernikahan – Berencana menikah harus memahami kebutuhan apa saja yang harus dipersiapkan. Untuk membantu kamu dalam menghitung kebutuhan menikah, kami buat rincian biaya pernikahan sederhana sampai mewah.

Sebagai langkah awal hendak menikah, perhitungan biaya yang dibutuhkan segera dilakukan supaya mengetahui besaran budget. Terlebih lagi untuk kamu yang hanya memiliki minim biaya pernikahan, penting memikirkan upaya agar susunan acara berjalan lancar.

Meskipun melangsungkan acara pernikahan sederhana, tapi kelanjutan setelah menikah akan terjamin. Dibandingkan mengeluarkan biaya pernikahan mewah, namun setelah menikah bingung bagaimana cara hidup. Maka dari itu tetap berhati-hati dalam pengeluaran biaya menikah.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan setelah menikah, www.biayanikah.com telah membuat rincian biaya pernikahan sederhana maupun mewah tergantung pilihan kamu. Jika ingin tahu rincian nikah terbaru dan terlengkap bisa simak dan ikuti terus pembahasan di bawah ini.

Rincian Biaya Pernikahan Terbaru dan Lengkap

Rincian Biaya Pernikahan Terbaru dan Lengkap
Source image: kompas.com

Pernikahan adalah salah satu upacara sakral yang dilakukan sekali seumur hidup. Supaya dapat melaksanakan pernikahan, kamu perlu mempersiapkan dana yang cukup untuk membayar seluruh rincian biaya pernikahan.

Setiap pasangan memiliki impian dan resepsi pernikahan yang berbeda-beda mulai dari sederhana atau mewah tergantung budget. Untuk mewujudkan impian, kedua pasangan harus memiliki target pengumpulan dana yang sudah di kelompokan melalui buku catatan rincian biaya pernikahan.

Perlu diingat mengumpulkan biaya nikah tidak semudah yang dibayangkan karena ada banyak rincian harus terpenuhi, contohnya saja konsumsi, rias pengantin dan lain sebagainya. Oleh karena itu, banyak pasangan setelah lamaran membutuhkan waktu sekitar 6 bulan maksimal untuk melangsungkan acara pernikahan.

Untuk membantu kamu dalam persiapan pernikahan, kami buatkan rincian kebutuhan apa saja yang perlu dipersiapkan secara lengkap. Berikut penjelasan rincian biaya pernikahan terbaru dan terlengkap.

1. Biaya Seserahan

Seserahan adalah sebuah tradisi memberikan hadiah kepada pengantin perempuan pada hari pernikahan. Secara umum, seserahan pernikahan diberikan dalam bentuk perlengkapan ibadah, perlengkapan wanita, makanan, barang atau buah-buahan.

Untuk budget biaya seserahan kurang lebih membutuhkan 3 juta sampai 5 juta. Tapi, ada juga biaya seserahan pernikahan budget 2 juta dengan rincian lengkap telah kami bahas.

2. Biaya Mahar

Mahar adalah kebutuhan paling penting yang harus diberikan pada saat prosesi pernikahan atau akad nikah. Ini harus dipikirkan oleh pengantin laki-laki, di mana mahar akan diberikan kepada pengantin perempuan berupa perhiasan, perlengkapan ibadah, barang dan lain sebagainya.

Walaupun banyak contoh mas kawin yang bisa dijadikan referensi, tapi pemilihan harus bermakna dalam kehidupan maupun agama. Untuk nilai biaya atau harga mahar cukup bervariasi mulai dari 500 rb hingga puluhan juta tergantung kemampuan pengantin laki-laki.

3. Biaya Penghulu

Ketika menikah, kamu harus menghadirkan penghulu dari KUA untuk menikahkan kamu bersama calon pasangannya. Telah disebutkan pada artikel biaya nikah di KUA, bahwa mengundang penghulu ke rumah kurang lebih 600 rb.

4. Biaya Rias Pengantin dan Busana

Masuk di kebutuhan saat pernikahan yang pertama yaitu rias pengantin dan busana untuk mempercantik kedua pasangan menjelang resepsi maupun akad nikah. Untuk rias pengantin dan busana merupakan satu paket dari harga Make Up atau MUA.

Sedangkan harga rias pengantin dan sewa busana mencapai 5 juta sampai 15 juta tergantung kualitas pelayanan. Semakin bagus dan pengalaman banyak, maka nilai harga naik tinggi.

5. Sewa Gedung atau Tenda

Tempat pernikahan adalah hal penting yang harus di pikirkan, baik itu di gedung maupun di rumah. Untungnya nikah di gedung adalah harga bisa menyesuaikan budget kamu dan sudah pasti tidak ada kekurangan.

Sedangkan nikah di rumah perkiraan biaya atau budget tidak dapat di prediksi secara tepat, sehingga harus mempersiapkan uang tambahan. Jika tidak ingin cape, sebaiknya pilih menikah di gedung.

6. Biaya Dekorasi

Kemudian, tambahkan biaya dekorasi di buku catatan rincian menikah. Karena nominal biaya untuk dekorasi sangatlah besar mulai dari 15 juta sampai 20 juta tergantung penampilan dan desain yang diingikan.

Jika kamu masih bingung memilih, kami telah membuat pilihan dekorasi pernikahan simple, mewah serta elegan. Silahkan pilih sesuai konsep pernikahan yang diinginkan.

7. Biaya Konsumsi

Berdasarkan pengalaman pribadi atau beberapa orang pasangan, biaya pernikahan paling besar yaitu konsumsi atau catering. Karena biaya konsumsi menghitung dari jumlah para tamu undangan. Kalau jumlah tamu undangan lebih dari hitungan kamu, maka ada tambahan biaya konsumsi.

Pada umumnya, konsumsi nikah membutuhkan biaya sekitar 10 juta sampai 25 juta tergantung tamu undangan. Hal ini penting dicatat pada buku catatan rincian pernikahan sejak awal.

8. Undangan dan Souvenir

Ada berbagai macam pilihan model undangan dengan tampilan menarik maupun modern tergantung konsep pernikahan kamu. Pembuatan undangan digital maupun kertas membutuhkan biaya sekitar 2 juta.

Sedangkan souvenir membutuhkan biaya sekitar 1,5 juta tergantung dari jumlah tamu undangan serta lamanya acara pernikahan dilangsungkan.

9. Dokumentasi

Karena pernikahan hanya dilakukan satu kali seumur hidup, maka momen berharga ini perlu dikenang bersama pasangannya. Untuk biaya dokumentasi dibutuhkan sekitar 1 juta sampai 3 juta tergantung pilihan paket. Tapi, kamu harus tahu tips memilih fotografer supaya hasil foto atau video bagus.

10. Hiburan

Supaya acara pernikahan lebih meriah, ada baiknya mengundang band penyanyi untuk mengisi acara hiburan. Untuk acara hiburan membutuhkan biaya berkisar 1 juta sampai 5 juta tergantung pemilihan band.

11. Biaya Tambahan

Bukan rincian di atas saja, tapi ada juga kebutuhan yang mendadak pada saat pernikahan berlangsung seperti uang transportasi dan lain sebagainya. Sehingga kamu harus menyiapkan biaya tambahan kurang lebih 3 juta sampai 6 juta.

Biaya Pernikahan Sederhana

Biaya Pernikahan Sederhana
Source image: katadata.co.id

Setelah tahu rincian biaya pernikahan beserta perkiraan budget yang dibutuhkan, tentu kamu memiliki pikiran bahwa menikah tidak semudah dibayangkan. Apalagi baru saja di tahap awal yaitu seserahan membutuhkan biaya kurang lebih 10 juta.

Tapi jangan khawatir, di jaman sekarang menikah dengan budget berapa pun bisa berjalan lancar. Biaya rata-rata pernikahan sederhana 5 juta, 10 juta , 20 juta sampai 30 juta. Pasalnya, sekarang banyak vendor menawarkan harga paket pernikahan sederhana.

Biaya Pernikahan Mewah

Biaya Pernikahan mewah
Source image: urbanasia.com

Berbeda kalau pasangan sudah mengumpulkan biaya pernikahan di jauh-jauh hari sebelum acara berlangsung. Pastinya acara pernikahan bisa terlihat mewah oleh para tamu undangan, kerabat maupun keluarga.

Jika ingin pernikahan terlihat mewah, maka kamu harus mengumpulkan dana kurang lebih 100 juta, baik itu nikah di rumah maupun gedung. Pastinya pemilihan dekorasi, undangan atau souvenir harus yang elegan serta mewah.

Apabila tidak ingin ribet atau cape membersihkan tempat pernikahan, mungkin pilihan yang tepat yaitu sewa gedung. Karena ada beberapa kota menawarkan harga sewa gedung pernikahan murah, tapi dekorasi mewah seperti Sukoharjo, Solo dan Purwokerto.

Kesimpulan

Demikian informasi terkait rincian biaya pernikahan mulai dari sederhana sampai mewah terbaru dan terlengkap yang bisa dijadikan referensi atau contoh perhitungan kebutuhan menjelang menikah. Dengan begitu, kamu tetap berhati-hati dalam mengelola biaya nikah supaya tidak ada kekurangan yang terlalu signifikan.

Tinggalkan komentar