5 Mahar Pernikahan Adat Manado Terlengkap

Mahar Pernikahan Adat Manado – Seringkali masyarakat kota Manado mengalami kegagalan dalam pernikahan karena tidak ada kesepakatan terkait mahar. Agar tidak gagal menikah dengan perempuan adat Manado sebaiknya ketahui contoh mahar pernikahannya.

Besar atau kecilnya nilai harga mahar pernikahan tergantung dari permintaan mempelai perempuan. Selain itu keluarga pihak perempuan juga bisa menentukan mahar pernikahan adat Manado berdasarkan beberapa aspek.

Pasalnya Islam memandang pernikahan bukan hanya urusan dua mempelai, tapi melibatkan semua keluarga, baik itu pihak laki-laki maupun perempuan. Oleh karena itu tetap berhati-hati dalam memilih mahar pernikahan adat Manado.

Mengingat mahar adalah syarat utama menikahi seorang perempuan adat Manado, maka penting buat pengantin laki-laki mempersiapkannya sejak awal. Untuk mengetahui apa saja contoh mahar pernikahan adat Manado, silahkan simak rangkuman biayanikah.com di bawah ini.

Daftar Mahar Pernikahan Adat Manado Terlengkap

Dalam pernikahan tentunya salah satu persyaratan harus ada mahar yang memiliki nilai. Mahar atau mas kawin adalah harga yang disiapkan oleh mempelai laki-laki dan akan diberikan oleh mempelai perempuan pada saat akad pernikahan.

Proses pernikahan di adat Manado telah mengalami penyesuaian seiring dengan berkembangnya jaman. Meskipun ada perubahan jaman, tapi segala upacara atau syarat pernikahan adat Manado tidak berubah, contohnya saja mahar.

Perlu diketahui sebutan mahar pada masyarakat Manado yaitu antar harta, sehingga di saat akad nikah penghulu kerap menanyakan berapa antar harta kamu. Adapun beberapa faktor untuk menentukan motif mahar pernikahan di adat Manado, yaitu:

  • Status sosial.
  • Kecenderungan lebih penting.
  • Strata keluarga.

Jenis mahar paling dominan pada pernikahan adat Manado yaitu dalam wujud perhiasan, simbol agama atau properti. Tapi semakin tinggi strata sosial atau keluarga, maka dominan mahar pernikahan menggunakan perhiasan atau uang. Terpenting mempelai perempuan tidak boleh memberatkan mempelai laki-laki.

Menurut agama Islam mahar pernikahan dapat berupa benda berharga dan tidak boleh merendahkan harkat perempuan. Apabila belum menentukan motifnya, berikut adalah daftar mahar pernikahan adat Manado terlengkap yang bisa dijadikan referensi.

1. Uang Tunai

mahar adat manado uang tunai

Apabila kedua mempelai berasal dari kota Manado atau beragama Islam, ada baiknya gunakan mahar uang tunai. Supaya lebih menarik uang tunai tersebut di beri bingkai dengan desain menarik. Namun uang yang di bingkai adalah uang palsu, sedangkan uang asli diberikan calon istrinya.

Untuk menghitung berapa jumlah mahar uang tunai bisa dihitung dari tanggal akad nikah, tanggal lahir atau keinginan mempelai perempuan. Terpenting nilainya tidak merendahkan martabat perempuan. Di ambil rata-rata saja uang tunai mahar pernikahan di atas 1,5 juta.

Meskipun berupa uang tunai, pasti uang tunai tersebut akan digunakan oleh calon istri untuk berbelanja kebutuhan mereka. Jadi seorang laki-laki tidak boleh meminta lagi kalau tidak ada keadaan mendesak.

2. Dirham

mahar dirham adat manado

Contoh mahar pernikahan adat Manado untuk pasangan beragama Islam selanjutnya yaitu dirham. Berdasarkan Kementerian Agama, para ulama Islam mengisyaratkan mahar yang tidak kurang dari 10 dirham dan tidak lebih dari 500 dirham.

Satu dirham kira-kira Rp 185.000, jadi kalau besaran mahar pernikahan 10 dirham menjadi nilai uang Rp 1.850.000. Lantas kenapa batas maksimal 500 dirham? Karena nilai tersebut sama dengan nilai yang diberikan Nabi Muhammad kepada Sayyid Aisyah.

Kendati begitu, perlu diperhatikan bahwa uang dirham yang dijadikan mahar tidak boleh dilipat, ditekuk atau dibentuk. Jadi untuk solusinya apabila ingin di hias gunakan dirham palsu, sedangkan yang asli diberikan istrinya.

3. Perhiasan Emas

mahar emas adat manado

Salah satu mahar pernikahan paling sering digunakan oleh semua kalangan yaitu perhiasan emas. Namun jenis emas yang baik untuk mahar adalah logam mulia atau emas 24 karat dengan berat minimal 1 gram setara dengan uang 1 juta.

Namun rata-rata berat emas logam mulia yang digunakan untuk mahar pernikahan yaitu 5 sampai 10 gram. Meskipun jumlahnya besar, tapi emas tersebut bisa dijadikan investasi jangka panjang.

4. Kendaraan

mahar kendaraan adat manado

Mahar yang sedang trend di kota Manado yaitu barang berharga, contohnya adalah kendaraan. Jenis mahar pernikahan ini terbilang mewah atau modern. Pasalnya harga kendaraan di jaman sekarang cukup tinggi mulai dari 20 juta sampai ratusan juta.

Pada umumnya jenis kendaraan untuk mahar pernikahan yaitu mobil atau sepeda motor. Pastinya dengan mahar ini dapat bermanfaat di kehidupan sehari-hari seperti digunakan untuk berangkat kerja atau kepentingan lainnya.

5. Peralatan Ibadah

mahar peralatan ibadah adat manado

Daftar mahar pernikahan dari kota Manado terakhir yang bisa dijadikan referensi yaitu peralatan ibadah. Memberikan peralatan ibadah kepada mempelai perempuan bisa mengharapkan nilai spiritual atau pengetahuan agama bagi pasangan selalu terjaga dengan baik.

Apabila ingin menggunakan mahar ini untuk mempelai perempuan dari kota Manado, ada baiknya konsultasi kepada kedua pihak keluarga. Karena tidak semua keluarga setuju dengan mahar peralatan ibadah karena berbeda pemikiran.

Jika ada yang kurang setuju, mungkin bisa ditambahkan uang tunai berdasarkan hitungan tanggal pernikahan. Selain itu bisa menambahkan barang yang berharga untuk kehidupan mempelai perempuan di kemudian hari setelah menikah.

Kesimpulan

Setelah tahu beberapa mahar pernikahan adat Manado dari daftar di atas, mungkin dari kamu dapat menyimpulkan bahwa tidak semestinya mahar dengan barang mahal. Terpenting jangan memakai mahar yang merendahkan martabat perempuan.

Jika sudah tahu contoh mahar menikahi seorang adat Manado, mungkin langkah selanjutnya memahami sejarah, biaya atau susunan upacara yang harus dipahami kamu. Untuk informasi tersebut bisa lihat pembahasan yang terkait.

Tinggalkan komentar