Rincian Biaya Nikah 20 Juta 2024 Agar Hemat!

Rincian Biaya Nikah 20 Juta – Sebagai calon pengantin ingin melaksanakan pernikahan harus mempersiapkan budget uang untuk memeriahkan acaranya. Mengenal biaya pernikahan pada jaman sekarang sudah cukup mahal, maka kedua pengantin harus mencari uang sebanyak mungkin.

Pasalnya nikah hanya dilakukan satu kali dalam masa hidupnya sehingga harus membuat acara nikah yang mewah ataupun meriah. Mungkin, beberapa calon pengantin berfikir nikah membutuhkan biaya cukup mahal padahal dengan modal 20 juta saja bisa mendapatkan kualitas acara cukup bagus.

Hanya saja ada beberapa orang tidak tahu rincian biaya nikah 20 juta yang menyebabkan kesalahan menghitung. Mungkin, untuk terhindar adanya kekurangan atau kelebihan biaya 20 juta lebih baik membuat rincian kebutuhan yang harus dikeluarkan seperti catering, hantaran dan masih banyak lainnya.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan rincian biaya nikah 20 juta bisa mendapatkan kualitas acara cukup mewah. Apabila sudah tidak sabar ingin tahu rincian biaya super lengkapnya bisa simak pembahasan dibawah ini.

Cara Hemat Nikah 20 Juta

cara nikah 20 juta

Ketika melaksanakan nikah bersama pasangan merupakan salah satu momen penting dalam hidupnya, sehingga tidak sedikit orang rela mengeluarkan biaya banyak demi pesta pernikahan berjalan lancar. Untuk menghindari adanya kelebihan atau kekurangan dalam acara nikah, alangkah baik calon pengantin harus melakukan perhitungan pengeluarannya.

Adapaun rincian pengeluaran seperti dekorasi, hantaran, catering, undangan, dokumentasi dan masih banyak lainnya. Ketika menghitung semua biaya nikah akan menemukan total biaya yang harus dikeluarkan. Apalagi dengan modal 20 juta harus pintar dalam mengelola uang di acara nikah.

Perhitungan kebutuhan nikah akan kembali lagi keinginan kedua calon pengantin. Apabila ingin tahu cara hemat nikah 20 juta bisa simak penjelasan dibawah ini:

1. Hantaran Nikah

Perlu diperhatikan dengan biaya 20 juta harus memberikan hantaran pernikahan sederhana tidak boleh terlalu mewah. Adapaun beberapa contoh hantaran nikah seperti perlengkapan shalat, baju, tas dan kebutuhan wanita lainnya. Untuk hemat nikah 20 juta hantaran dipatoki hanya Rp. 1 juta saja.

Sehingga pihak perempuan tidak boleh menuntut pria untuk membeli produk atau merk bernama sehingga harus mengeluarkan banyak biaya. Karena dasarnya hantaran adalah sebagai simbol mampu menafkahi istrinya.

2. Biaya KUA

Pada dasarnya biaya memberikan ke KUA gratis apabila melaksanakan akad nikah di kantor sesuai jam kerja senin sampai jum’at. Namun berbeda, jika melaksanakan numpang nikah akan mengeluarkan biaya sekitar Rp. 600.000. Mungkin untuk lebih hemat biaya 20 juta bisa gunaka opsi gratis nikah di kantor KUA.

3. Lokasi Nikah

Lokasi nikah merupakan bagian penting di acara pernikahan, selain itu biaya yang akan dikeluarkan cukup banyak. Untuk biaya 20 juta tidak perlu sewa gedung karena tidak mungkin biaya tersebut akan cukup. Sebagai cara hemat yaitu nikah dilakukan area rumah dengan sewa tenda sederhana.

Ketika sewa tenda akan menyesuaikan ukuran tanah yang akan digunakan acara pernikahan. Sebagai contoh sewa tenda bisa mencapai Rp. 2.5 juta sudah termasuk sound system dan sebagainya.

4. Catering dan Dekorasi

Selain lokasi nikah, ada rincian biaya nikah paling penting yaitu catering dan dekorasi. Mungkin untuk dekorasi hanya membutuhkan biaya 400 ribu saja dengan desain sederhana. Namun berbeda jika untuk catering nikahan, karena harus menghitung jumlah tamu.

Sebagai contoh 500 tamu undangan dengan harga 20 ribu, maka harus mengeluarkan biaya sekitar Rp. 10 juta. Adapun cara lebih hemat yaitu memasak di rumah sendiri dengan membeli bahan di pasar tradisional.

5. Rias Pengantin

Sebagai wanita tentu saja ingin bertampilan menarik serta cantik jika dilihat oleh orang lain apalagi calon suaminya. Maka dari itu, membutuhkan rias pengantin dengan mengeluarkan biaya sekitar Rp. 1,5 juta sudah termasuk baju pengantin. Untuk cara hemat bisa gunakan jasa teman atau kerabat agar mendapatkan harga paling murah.

6. Undangan

Pada jaman sekarang membagikan atau membuat undangan bisa dalam bentuk kertas atau digital. Mungkin, untuk lebih hemat bisa gunakan contoh undangan digital karena hanya mengeluarkan 100 ribu bisa mendapatkan desain cukup mewah. Selain itu, membagikan undangan hanya lewat sosial media atau aplikasi komunikasi.

7. Dokumentasi

Cara hemat biaya nikah 20 juta terakhir yaitu digunakan untuk dokumentasi seperti foto atau video pendek. Memang penting dokumentasi pernikahan untuk mengabadikan momen pentingnya. Secara umum, biaya dokumentasi hanya mengeluarkan sekitar Rp. 600 ribu.

Rincian Biaya Nikah 20 Juta

Setelah melihat cara hemat biaya nikah 20 juta, maka selanjutnya harus tahu rincian pastinya agar tidak terjadi kekurangan biaya. Apabila kalian ingin tahu rincian biaya nikah 20 juta lebih lengkapnya bisa simak penjelasan biayanikah dibawah ini:

RincianBiaya
Akad Nikah di KUAGratis
Tenda Plafon 100 m2 Rp. 25.000 per m2Rp. 2.500.000
DekorasiRp. 1.000.000
Sewa Blower 2 pcsRp. 600.000
Sewa Kursi Tamu tanpa CovernRp. 5.000Rp. 500.000
Mas Kawin 3 gr Kadar 75%Rp. 2.900.000
Paket SeserahanRp. 700.000
Catering Prasmanan Sederhana (200 orang)Rp. 6.750.000
Sewa Baju Nikah + Rias Pengantin SederhanaRp. 1.500.000
Undangan Nikah Desain Sendiri 200 pcsRp. 200.000
Souvenir Nikah Murah 100 pcsRp. 300.000
Foto Video MurahRp. 1.400.000
Sound System Minimalis 1000 WattRp. 500.000
Biaya DaruratRp. 1.100.000
Total BiayaRp. 20.000.000

Kesimpulan

Sekian pembahasan dari kami mengenai Rincian Biaya Nikah 20 Juta agar hemat untuk keperluan rumah tangga nantinya. Adanya informasi diatas dapat bermanfaat untuk kalian yang ingin menikah dengan modal 20 juta bisa mengadakan acara sederhana.

Tinggalkan komentar