Rincian Biaya Nikah Sederhana 10 Juta dan Tipsnya!

Biaya Nikah Sederhana 10 Juta – Menikah adalah salah satu momen penting semasa hidupnya, karena hanya dilakukan satu kali. Namun, banyak orang mengira bahwa biaya nikah harus mengeluarkan biaya yang mahal atau banyak. Padahal biaya nikah sederhana 10 juta dapat dilakukan dengan menerapkan tips hematnya.

Hanya saja nikah sederhana tidak mengeluarkan biaya begitu banyak untuk keperluan acara pernikahan seperti dekorasi, catering, tenda ataupun baju akad. Mungkin tidak bisa dibayangkan kalau biaya nikah sederhana 10 juta bisa memenuhi kebutuhan dari pihak perempuan.

Sebenarnya bisa terpenuhi semuanya kalau mengikuti tips hemat menikah sederhana dengan menghitung jumlah para tamu undangan dan rincian keseluruhan acara. Dengan menghitung biaya nikah sederhana 10 juta akan sangat mungkin acara pernikahan akan berjalan lancar.

Walaupun tampilan atau acara pernikahan tidak terlalu mewah dengan biaya nikah sederhana 10 juta, yang terpenting adalah sah secara agama dan hukum negara. Untungnya, pada pembahasan kali ini kami akan membagikan rincian dan tips hemat menikah 10 juta secara lengkap.

Rincian Biaya Nikah Sederhana 10 Juta

Rincian Biaya Nikah Sederhana 10 Juta

Melangsungkan pernikahan akan terlihat memusingkan apabila hanya memiliki anggaran biaya 10 juta. Jika biaya hanya 10 juta, maka harus menerapkan tema pernikahan sederhana yang tidak mengeluarkan biaya cukup banyak. Mungkin biaya nikah 20 juta dan 30 juta akan mendapatkan tema pernikahan modern dan dekorasi akan lebih mewah.

Sebenarnya melaksanakan nikah sederhana akan tergantung bagaimana kamu selaku penyelenggara mengatur acara. Hanya saja yang membedakan adalah biaya 10 juta akan memberikan perlengkapan pernikahan sederhana. Jika ingin menyesuaikan budget menikah, maka harus lihat tabel rincian dibawah ini:

RincianBiaya
Biaya Nikah di KUAGratis
MaharRp 400.000
Baju dan Rias PengantinRp 1.500.000
Dekorasi PernikahanRp 2.000.000
Seserahan atau HantaranRp 500.000
Jasa FotograferRp 1.000.000
CateringRp 3.500.000
Membuat Undangan NikahRp 250.000
Pembawa Acara atau MCRp 300.000
Lain LainRp 550.000
TotalRp 10.000.000

Dari tabel diatas, kamu dapat melihat rincian biaya nikah sederhana 10 juta akan sangat memungkinkan dilaksanakan dengan elegan. Tapi dari angka diatas hanya perkiraan saja, sehingga harus mempraktikan sendiri tergantung kondisi ataupun keinginan dari pasangan kamu.

Namun, paling penting melaksanakan acara pernikahan adalah bisa menggunakan cara sederhana dan mengikuti prosesi dengan lancar. Adanya nikah sederhana kamu tidak perlu meminjam uang ataupun menguras tabungan banyak. Tapi, tetap saja kamu harus menghitung kebutuhan secara rinci agar tidak menambah biaya tambahan lagi.

Tips Hemat Nikah Sederhana 10 Juta

Tips Hemat Nikah Sederhana 10 Juta

Setelah kalian tahu rincian biaya nikah sederhana 10 juta, maka harus mengikuti cara mengatur kebutuhan yang harus dibeli untuk acara pernikahan. Hal ini harus dilaksanakan sebelum acara pernikahan dimulai terkait biaya anggaran nikah sangat minim. Sehingga pernikahan bersama pasangan akan bisa diwujudkan.

Tidak hanya memikirkan biaya di acara pernikahan saja, tetapi harus memikirkan setelah menikah akan lebih banyak membutuhkan biaya untuk tempat tinggal atau biaya hidup. Jika ingin acara pernikahan biasa-biasa saja bisa mengikuti tips hemat nikah sederhana 10 juta dibawah ini:

1. Menentukan Mahar Pernikahan

Salah satu aspek penting dalam melaksanakan nikah adalah menentukan biaya mahar pernikahan, mungkin untuk menghemat biaya memakai mahar sederhana saja. Adapun beberapa mahar pernikahan yang hemat dan sederhana yaitu uang tunai, alat ibadah atau emas dengan berat 2 gram saja.

Namun, menentukan mahar nikah tidak boleh secara sepihak contohnya laki-laki menginginkan alat ibadah, tetapi pihak perempuan ingin uang tunai. Untuk menemukan titik terang bisa di bicarakan bersama-sama hingga menemukan titik terang bahwa mahar pernikahan mau pakai apa.

2. Menghitung Jumlah Tamu

Tidak hanya mahar nikah, tetapi kedua pasangan beserta keluarga harus menghitung jumlah tamu yang akan datang pada acara pernikahan. Jika menghitung jumlah tamu undangan akan tahu biaya harus kamu keluarkan seperti tempat, dekorasi, catering, souvenir dan sebagainya.

Sebab itu, tentukan jumlah tamu undangan agar sesuai dengan anggaran biaya nikah 10 juta. Mungkin anggaran biaya 10 juta hanya bisa mengundang para tamu undangan keluarga besar, kerabat dan teman saja.

3. Tempat Nikah di Rumah

Dalam melaksanakan acara pernikahan 10 juta lebih baik di tempat rumah, sehingga tidak mengeluarkan biaya cukup banyak. Walaupun acara pernikahan bisa sewa gedung ataupun aula, namun harus mengeluarkan biaya lebih mahal sekitar Rp 30 sampai 40 juta.

Jika melaksanakan tempat nikah di rumah akan lebih hemat biaya, mungkin untuk menghindari cuaca panas atau hujan bisa sewa tenda pernikahan dengan harga paling murah.

4. Memilih Dekorasi Sederhana

Kemudian kamu harus memilih dekorasi sederhana jika sudah menentukan tempat nikah di rumah dengan sewa tenda pernikahan. Namun, biaya dekorasi sederhana tidak boleh yang modern sehingga uang 10 juta akan pas untuk acara pernikahan. Mungkin untuk lebih hematnya bisa tidak memakai dekorasi, sehingga pelaksanaan nikah hanya di ruangan rumah.

5. Pesan Catering Pernikahan

Pesan catering pernikahan merupakan salah satu cara untuk menyajikan makanan dan minuman kepada tamu undangan sebagai tanda rasa syukur atas kehadiranya. Dengan adanya perencanaan catering yang matang, maka biaya pengeluaran akan terpantau secara baik. Karena pihak catering sudah mengetahui jumlah tamu undangan sesuai nominal biaya yang diserahkan.

Kesimpulan

Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa biaya 10 juta untuk acara pernikahan sangat bisa, namun pemilihan dekorasi tidak mewah. Tapi, dengan biaya nikah 10 juta akan terlihat lebih elegan dan praktis.

Sekian pembahasan dari kami mengenai biaya nikah sederhana 10 juta dengan melihat rincian total dan cara hemat. Ketika melihat pembahasan diatas dapat memahami bahwa acara pernikahan tidak perlu mengeluarkan biaya banyak-banyak, tetapi harus mempertimbangkan beberapa hal.

Tinggalkan komentar