2 Cara Menghitung Uang Mahar Sesuai Tanggal Pernikahan 2024

Cara Menghitung Uang Mahar Sesuai Tanggal Pernikahan – Menentukan jumlah uang mahar pernikahan harus berhati-hati, terlebih lagi untuk kamu yang menghitung berdasarkan tanggal pernikahan. Agar tidak salah, ada baiknya ketahui cara menghitung uang mahar sesuai tanggal pernikahan pada artikel ini.

Sebenarnya menghitung nominal uang mahar pernikahan bisa menggunakan berbagai macam cara. Namun menghitung sesuai dengan tanggal pernikahan adalah salah satu cara paling efektif dan tidak terlalu banyak debat.

Oleh karena itu banyak pasangan yang hendak menikah mempertimbangkan tanggal pernikahan terlebih dahulu. Langkah ini bertujuan supaya bisa menentukan nominal angka uang mahar yang bagus, unik, elegan serta mudah dikenang pada masa tuanya.

Karena tidak semua orang tahu cara menghitungnya, maka dari itu biayanikah.com sudah merangkum tata cara menghitung uang mahar sesuai tanggal pernikahan yang benar. Untuk mengetahui cara menghitungnya bisa simak dan ikuti terus pembahasan di bawah ini.

Cara Menghitung Uang Mahar Sesuai Tanggal Pernikahan

Kendati banyak pendapat kontra mengenai uang yang dijadikan mahar sebuah pernikahan, namun masih banyak calon pasangan menggunakan uang sebagai mahar pernikahannya.

Karena sudah ada peraturan terkait uang tidak boleh digunakan untuk hiasan dari pemerintah Indonesia, maka solusinya gunakan uang palsu yang dihias pada bingkai.

Sedangkan uang aslinya langsung diberikan kepada mempelai perempuan pada saat akad nikah telah selesai. Karena hiasan uang mahar pada bingkai hanya sebagai simbol yang sudah menjadi tradisi seluruh masyarakat Indonesia.

Sampai saat ini banyak pasangan masih bingung menentukan jumlah uang mahar pernikahan. Untuk jalan alternatif, maka pasangan lebih memilih menghitung sesuai tanggal pernikahan atau akad nikah.

Akan tetapi, sebelum menghitung uang mahar kamu harus konsultasi kepada pasangannya ingin di angka lebih atau kurang dari 1 juta. Karena metode menghitung uang mahar mengikuti tanggal pernikahan bisa dihitung dari nominal yang diinginkan oleh mempelai perempuan.

Agar kamu tidak bingung cara menghitung uang mahar sesuai tanggal pernikahan. Maka kami berikan contoh menghitung dan nominal mahar yang sesuai dengan tanggal pernikahan pada penjelasan berikut ini.

1. Nominal Ratusan Ribu

Cara pertama yang paling dicari-cari oleh pasangan yaitu menghitung uang mahar sesuai tanggal pernikahan dengan nominal ratusan ribu. Pasalnya ada angka yang harus dikurangi dari tanggal pernikahan.

Untuk memudahkan kamu dalam menghitung uang mahar berdasarkan tanggal pernikahan dengan nominal ratusan ribu. Berikut kami berikan contoh menghitung yang benar.

  • Misalnya tanggal pernikahan di 23 Juni 2024.
  • Jika di jabarkan menjadi angka yaitu 23.06.2024.
  • Dari angka tanggal pernikahan di atas bisa menghasilkan uang mahar sebesar 230.624 (dua ratus tiga puluh ribu enam ratus dua puluh empat rupiah).

Untuk cara menghitungnya yaitu tanggal dan bulan tidak perlu dikurangi, jadi yang dikurangi angka depan dari tahun yakni angka 20 (dua puluh).

2. Nominal Jutaan

Cara kedua menghitung uang mahar berdasarkan tanggal pernikahan dengan nominal jutaan rupiah. Karena tingkat ekonomi di Indonesia semakin meningkat, maka nilai mahar selalu bertambah setiap tahunnya.

Lantas bagaimana cara menghitung uang mahar sesuai tanggal pernikahan dengan nominal jutaan? Berikut contoh perhitungannya.

  • Misal tanggal pernikahan di 23 Juni 2024.
  • Jabaran menjadi angka yaitu 23.06.2024.
  • Dari angka pernikahan tersebut bisa menghasilkan uang sebesar 2.306.024 (dua juta tiga ratus enam dua puluh empat rupiah)

Skema menghitungnya yaitu angka tanggal di depan contohnya 2 pada posisi depan. Sedangkan angka 3 dan angka bulan dijadikan satu lalu angka depan tahun jangan dimasukkan, jadi hanya angka tahun pada bagian belakang saja.

Contoh Hiasan Mahar Uang Sesuai Tanggal Pernikahan

Jika kamu berhasil menemukan nominal uang mahar sesuai tanggal pernikahan dengan mengikuti cara di atas. Maka selanjutnya kamu harus memilih bentuk hiasan uang mahar pernikahan sederhana maupun mewah.

Apabila kamu belum menemukan model hiasan uang mahar sesuai tanggal pernikahan. Silahkan simak penjelasan berikut ini karena kami membagikan contoh hiasan uang mahar yang bisa dijadikan referensi.

1. Berbentuk Gambar Wayang

hiasan mahar sesuai tanggal pernikahan bentuk wayang

Salah satu model hiasan mahar uang yang paling banyak diminati oleh pasangan yaitu berbentuk gambar wayang. Biasanya model mahar uang ini digunakan oleh pasangan berasal dari adat Jawa.

2. Berbentuk Mushola

hiasan mahar sesuai tanggal pernikahan bentuk mushola

Contoh hiasan kedua yaitu berbentuk mushola atau masjid dengan menambahkan beberapa uang palsu serta aksesoris tambahan. Selain itu bisa diberikan nominal uang mahar pada bingkai tersebut.

3. Berbentuk Kapal

hiasan mahar sesuai tanggal pernikahan bentuk kapal

Apabila kamu bekerja atau suka dengan bentuk kapal, maka bisa minta permintaan kepada penyusun kotak mahar uang. Jika bingung bentuknya, silahkan gunakan desain gambar di atas.

4. Berbentuk Burung

mahar hiasan burung mahar

Selain kapal, hiasan mahar uang bisa dibentuk menjadi burung seperti gambar di atas. Agar terlihat mewah, ada baiknya gunakan aksesoris berwarna emas.

5. Bingkai Simple

contoh hiasan mahar

Contoh hiasan paling diminati oleh banyak pasangan yang terakhir yaitu berbentuk simple namun terlihat elegan. Karena hiasan mahar uang seperti atas hanya menuliskan nominal dengan menambahkan warna emas.

Kesimpulan

Perlu diingat apabila ingin menghias atau uang mahar sesuai tanggal pernikahan jangan menggunakan uang asli karena akan dikenakan pidana oleh pemerintah. Sebagai solusinya bisa menggunakan uang kertas atau logam palsu, serta menambahkan beberapa aksesoris menarik.

Demikian informasi terkait cara menghitung uang mahar sesuai tanggal pernikahan dengan nominal ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Pastikan tata cara menghitung di atas dipahami dengan benar supaya menghasilkan angka yang bagus.

Tinggalkan komentar