7 Mahar Pernikahan Adat Betawi Terlengkap

Mahar Pernikahan Adat Betawi – Salah satu syarat wajib menikah dengan perempuan adat Betawi yaitu pemberian mahar. Maka dari itu penting buat mempelai laki-laki mengetahui apa saja contoh mahar pernikahan adat Betawi yang bermakna.

Kendati mempelai juga berhak memilih mahar yang di inginkan kepada calon suaminya, tapi ada baiknya konsultasi terlebih dahulu dengan kedua pihak keluarga. Hal tersebut bertujuan agar memiliki kesepakatan bersama terkait mahar pernikahan adat Betawi.

Penetapan mahar pernikahan adat Betawi memang bukan menjadi masalah untuk beberapa kalangan. Karena kunci utama pernikahan adalah mewujudkan keluarga harmonis serta ekonomi berkecukupan.

Jika kamu dan pasangan saat ini dilanda kebingungan dalam menentukan mahar pernikahan. Maka www.biayanikah.com sudah merangkum pilihan mahar pernikahan adat Betawi yang bisa dijadikan referensi.

Daftar Mahar Pernikahan Adat Betawi Terlengkap

Perlu diketahui mahar adalah sebuah pemberian dari calon mempelai laki-laki kepada calon mempelai perempuan sebagai bentuk tanda kehormatan. Adanya pemberian mahar berfungsi untuk menjaga bentuk keamanan finansial bagi istrinya di kala sedang ekonomi keluarga menurun.

Dalam pernikahan ada Betawi, tidak ada patokan khusus dalam menentukan bentuk atau besaran mahar. Semua penentuan bentuk mahar bisa disesuaikan dengan permintaan mempelai perempuan atau keluarganya saat pada prosesi lamaran. Sebab itu biaya pernikahannya juga tidak banyak.

Oleh karena itu banyak orang melihat pernikahan adat Betawi sudah modern dilihat dari bentuk seserahan, busana atau dekorasi. Karena pada dasarnya adat Betawi membebaskan ke seluruh calon mempelai terkait pernikahannya. Namun yang tidak boleh di ubah yaitu upacara adat pernikahan.

Lantas mahar apa yang paling baik atau bermakna? Contoh mahar paling umum orang gunakan antara lain uang tunai, perhiasan serta lain sebagainya. Untuk lebih idealnya, kamu bisa mengenali daftar mahar pernikahan adat Betawi di penjelasan berikut ini.

1. Uang Tunai

mahar pernikahan uang tunai adat betawi

Salah satu jenis mahar paling sering digunakan oleh mempelai adat Betawi yaitu uang tunai. Lantas berapa nominal uang tunai untuk mahar pernikahan? Sebenarnya, tidak ada batasan minimal atau maksimal nilainya. Terpenting nominal tidak terlalu merendahkan martabat perempuan.

Apabila kamu bingung menentukan nominal uang tunai mahar pernikahan, ada baiknya hitung berdasarkan tanggal akad nikah. Selain itu bisa ditentukan juga berdasarkan tanggal lahir mempelai perempuan.

2. Seperangkat Alat Sholat

mahar pernikahan seperangkat alat sholat adat betawi

Apabila uang tunai merasa kurang, ada baiknya tambahkan mahar pernikahan seperangkat alat sholat atau ibadah. Jenis mahar ini sering digunakan oleh mempelai yang berasal dari adat Betawi.

Meskipun terlihat sederhana, tapi mahar ini memiliki makna tersendiri yaitu digunakan untuk menambahkan spiritual atau pemahaman agama lebih mendalam. Di dalam mahar seperangkat ala sholat terdiri dari Al-Qur’an, Sajadah, Tasbih serta Mukena.

3. Perhiasan

mahar pernikahan perhiasan adat betawi

Sebagai aset berharga, perhiasan menjadi contoh mahar pernikahan elegan serta bernilai tinggi untuk jangka panjang. Karena nilai emas cenderung stabil serta selalu naik setiap tahunnya. Namun untuk mahar, ada baiknya pilih jenis emas logam mulia atau emas batangan.

Pasalnya logam mulia atau emas batangan bisa menjadi investasi jangka panjang. Sehingga mempelai perempuan menyimpan aset perhiasan sekaligus investasi. Untuk memberi perhiasan bisa dimulai 1 gram sampai puluhan gram tergantung keinginan atau kemampuan mempelai laki-laki.

4. Properti

mahar pernikahan rumah

Sebagai bukti nyata keseriusan menikahi seorang perempuan adat Betawi, maka banyak mempelai laki-laki memberikan mahar dalam bentuk properti atau kepemilikan tanah. Selain digunakan tempat menginap setelah berkeluarga bisa juga dijadikan investasi jangka panjang.

Karena nilai jual aset properti atau kepemilikan tanah selalu bertambah tinggi setiap tahunnya. Apabila properti dijadikan mahar pernikahan, maka sepenuhnya milik istri untuk menjaga-jaga finansial keluarga.

5. Saham

mahar pernikahan saham adat betawi

Contoh mahar pernikahan adat Betawi cukup populer di jaman sekarang yaitu saham. Lantaran, saham juga bisa dijadikan investasi jangka panjang yang disimpan oleh istrinya. Namun mahar pernikahan seperti saham ini harus disiapkan jauh-jauh hari sebelum acara pernikahan berlangsung.

Apabila kamu memilih saham untuk mahar pernikahan, maka bisa bermanfaat untuk masa depan lebih cerah bersama pasangannya. Karena setiap tahun saham bisa bertumbuh serta memberikan keuntungan cukup besar.

6. Reksa Dana

mahar pernikahan reksa dana adat betawi

Contoh mahar pernikahan adat Betawi paling unik serta berkesan yaitu reksa dana. Jenis mahar ini sering dipakai oleh pasangan milenial dengan memikirkan kecerahan di masa depan setelah menjadi keluarga.

Lantas bagaimana cara reksa dana menjadi mahar pernikahan? Caranya yaitu calon mempelai laki-laki harus membeli produk reksa dana ke aplikasi terpercaya dengan atas nama mempelai perempuan. Nantinya bukti pembelian reksa dana tersebut sebagai tanda kepemilikan mahar tersebut.

7. Perlengkapan Hobi

mahar pernikahan perlengkapan hobi adat betawi

Contoh mahar pernikahan adat Betawi unik terakhir yaitu perlengkapan hobi mempelai perempuan. Mungkin jenis mahar ini bisa dijadikan langkah kedua apabila mahar uang tunai atau emas merasa kurang supaya mempelai perempuan merasa bahagia.

Apabila mencari perlengkapan hobi untuk mahar pernikahan, ada baiknya pilih yang paling berkesan supaya selalu dikenang sampai hari tua. Tapi, jenis mahar ini bukan dijadikan investasi jangka panjang karena perlengkapan hobi hanya bisa digunakan pada waktu tertentu saja dan sematanya untuk memberikan kesenangan kepada calon istri.

Kesimpulan

Setelah melihat beberapa contoh mahar pernikahan adat Betawi dari daftar di atas. Sekarang bisa disimpulkan bahwa adat Betawi tidak memberikan patokan besaran mahar, sehingga mempelai laki-laki tidak terlalu keberatan.

Jika sudah bisa menentukan mahar pernikahannya, mungkin selanjutnya kamu harus memahami terkait sejarah atau upacara adat Betawi lebih mendalam. Untuk informasi tersebut silahkan lihat pembahasan yang sudah terkait.

Tinggalkan komentar