Biaya Nikah di Gedung 2024, Terbaru dan Rincian Lengkap!

Menikah di gedung adalah salah satu impian banyak pasangan di Indonesia. Jika ingin, wajib kamu mengetahui rincian dan estimasi biaya nikah di gedung di artikel ini.

Ada beberapa alasan pasangan memilih tempat pelaksanaan pernikahan di gedung, di antaranya halaman rumah sempit atau para tamu undangan terbatas. Selain itu, keuntungan menikah di gedung yakni tidak perlu membersihkan segala perabotan dan efisien.

Tak heran, kalau biaya nikah di gedung di taksir hingga ratusan juta. Dengan begitu, kamu bisa melakukan persiapan secara matang untuk mewujudkan konsep pernikahan yang diinginkan.

Untuk membantu kamu mempersiapkan segala kebutuhan pernikahan di gedung, kami sudah merangkum rincian biaya nikah di gedung secara lengkap. Selain itu kamu akan tahu tips mempersiapkan nikah gedung, silahkan simak dan ikuti pembahasan di bawah ini.

Keuntungan dan Kekurangan Menikah di Gedung

kelebihan dan kekurangan menikah di gedung
Source image: idewedding.com

Salah satu keinginan banyak pasangan yaitu menikah di gedung dengan romantis, pasalnya di anggap lebih mewah, efisien atau praktis. Tapi semua itu bukan berarti cocok untuk semua pasangan yang akan melangsungkan pernikahan.

Sebelum memutuskan pelaksanaan nikah di gedung, ada baiknya ketahui terlebih dahulu keuntungan dan kekurangannya. Ingin tahu penjelasan lengkap keuntungan dan kekurangan menikah di Gedung? Simak berikut ini.

Keuntungan

  • Gedung mempunyai kapasitas lebih besar, serta mampu menampung tamu undangan hingga ribuan.
  • Penataan dekorasi, catering, kursi tamu, hiburan serta dokumentasi pernikahan lebih tertata di gedung. Lantaran tempatnya lebih luas dari pada rumah.
  • Gedung memiliki lahan parkir tersendiri untuk menampung para tamu undangan pernikahan.
  • Terdapat fasilitas lengkap seperti AC, WiFi serta tempat charger handphone.
  • Luas atau lebar di dalam ruangan gedung lebih besar, sehingga tamu undangan lebih nyaman.
  • Setelah selesai pernikahan, tidak perlu membersihkan piring atau gelas kotor. Lantaran sudah ada yang bertanggung jawab untuk membersihkan gedung.

Kekurangan

  • Estimasi waktu sewa gedung terbatas sekitar 2 sampai 6 jam saja, sehingga hanya cukup mengadakan acara akad nikah serta resepsi pernikahan.
  • Biaya sewa gedung terbilang mahal dibandingkan sewa tenda pernikahan di rumah.
  • Tidak semua tetangga dapat mendatangi acara pernikahan.
  • Tamu undangan terbatas.

Dari uraian keuntungan dan kekurangan di atas bisa dijadikan pertimbangan sebelum melangsungkan acara pernikahan di gedung. Tentunya, pesta pernikahan di gedung membutuhkan biaya lebih banyak sehingga harus mempersiapkan budget dari jauh-jauh hari.

Rincian Biaya Nikah di Gedung Terbaru

Rincian Biaya Nikah di Gedung Terbaru
Source image: parador-hotels.com

Salah satu alasan memilih pelaksanaan pernikahan di gedung adalah lebih praktis jika satu paket dengan catering serta kebutuhan lainnya. Selain itu, ada alasan lain yaitu dikarenakan lahan rumah tidak mencukupi sehingga pelaksanaan pernikahan di gedung.

Konsep pernikahan di gedung sangatlah cocok untuk kamu yang ingin mengadakan pesta acara besar dengan mengundang banyak tamu. Bahkan, kamu bisa memilih lokasi gedung yang strategis, sehingga para tamu undangan mudah menemukan acara pernikahannya.

Pada umumnya, pihak gedung akan menawarkan paket sewa pernikahan di gedung yang meliputi dekorasi, dokumentasi, wedding organizer atau lain sebagainya. Jika tidak cocok, mungkin bisa memilih vendor lainnya.

Apabila sudah terbesit di pikiran kamu ingin melangsungkan pernikahan di gedung, ada baiknya kamu ketahui rinciannya. Berikut penjelasan biaya nikah di gedung beserta rincian lengkapnya.

1. Sewa Gedung

Pertama, kamu harus memperhatikan tarif sewa gedung per jam dan jumlah tamu undangan. Secara umum, sewa gedung pernikahan di mulai dari 2 sampai 6 jam, sedangkan jumlah tamu sekitar 200 sampai 2000 ribu orang tergantung besarnya lokasi.

Memang biaya nikah di gedung lebih mahal di bandingkan biaya nikah di rumah. Umumnya, sewa gedung pernikahan berkisar 20 juta sampai 30 juta.

2. Wedding Organizer

Kedua, gunakan Wedding Organizer supaya tidak repot untuk menyiapkan segala kebutuhan pernikahan. Nantinya, pihak Wedding Organizer akan persiapkan pernikahan sampai hari H di gedung pilihan kamu.

Tentunya, menggunakan Wedding Organizer membutuhkan biaya tambahan dan tidak termasuk sewa gedung. Harganya mulai dari 10 juta sampai 15 juta tergantung paket yang kamu pilih.

3. Catering

Ketiga, jika kamu tidak mengambil paket lengkap nikah di gedung, maka mencari catering pernikahan dengan harga terjangkau. Pastinya, memilih catering harus yang enak, bersih serta disukai oleh para tamu undangan.

Sebagai tipsnya, kamu harus mencicipi makanan dari catering terlebih dahulu sebelum menuju hari H pernikahan. Selain itu, sesuaikan jumlah porsi makanan atau minuman dengan banyaknya tamu undangan.

Untuk menghitungnya, contoh harga paket catering 40 ribu per porsi dengan jumlah tamu undangan sebanyak 200 orang. Maka 40 ribu x 200 orang, jadi biaya catering pernikahan di gedung sekitar 8 juta.

4. Dekorasi

Keempat, pastikan memilih dekorasi yang sesuai dengan konsep pernikahan. Jika masih bingung, kamu bisa mencari inspirasi dekorasi pada situs kami. Ciri-ciri dekorasi yang bagus adalah menggunakan bunga segar serta terlihat mewah.

Untuk memasang dekorasi di dalam gedung membutuhkan biaya sekitar 10 juta sampai 15 juta tergantung ukuran serta model. Supaya lebih hemat, mungkin memilih paket sewa gedung pernikahan.

5. Penghulu

Karena pelaksanaan pernikahan di gedung, kamu harus memanggil penghulu untuk datang. Perlu diketahui, biaya mengundang penghulu ke pernikahan gedung yaitu 600 ribu. Pastikan, kamu sudah membuat perjanjian tanggal akad nikah atau ijab kabul bersama pasangan maupun keluarga.

Tapi, jika menikah di KUA itu tidak dipungut biaya alias gratis. Namun, ketentuan tersebut hanya berlaku di jam operasional seperti di hari senin sampai jum’at.

6. Mas Kawin

Mas kawin atau sering di sebut mahar merupakan sebuah harga calon pengantin laki-laki yang diberikan kepada calon pengantin perempuan. Untuk pengantin perempuan bisa menetapkan mahar sesuai kemampuan pasangan laki-laki, contohnya emas, alat salat atau lain sebagainya.

Secara umum, mas kawin atau mahar pernikahan yang sering digunakan yaitu alat salat atau emas. Untuk barang emas harganya mencapai 1 juta tergantung jenis dan beratnya.

7. Cincin Kawin

Cincin kawin menjadi simbol ikatan pasangan dalam menjalani kehidupan berkeluarga. Maka dari itu, pilihlah cincin kawin yang sesuai selera dengan pasangan kamu berupa emas maupun berlian. Untuk harga cincin kawin emas tua 1 gram 900 ribu.

8. Hantaran

Hantaran adalah kewajiban yang harus di bawah oleh pasangan laki-laki untuk diberikan kepada pasangan perempuan. Adanya hantaran tersebut menjadi simbol bahwa laki-laki tersebut siap memenuhi kebutuhan istri dalam menjalani rumah tangga.

Contoh barang hantaran yaitu perlengkapan ibadah, pakaian, sepatu, tas, sandal, skin care, emas dan lain sebagainya. Secara umum, biaya hantaran di mulai dari 5 juta sampai 10 juta tergantung jumlah permintaan pasangan kamu.

9. Rias Pengantin

Rias pengantin adalah keharusan pasangan perempuan yang melangsungkan pernikahan di gedung maupun di rumah. Adanya rias pengantin bisa merubah tampilan wajah lebih cantik serta menjadi pusat perhatian para tamu undangan.

Pastinya, memilih rias pengantin harus terpercaya serta memiliki banyak pengalaman. Untuk biaya rias pengantin saja cukup bervariasi mulai dari 5 juta sampai 8 juta.

10. Baju Pengantin

Baju pengantin adalah salah satu pertimbangan untuk menentukan konsep pernikahan. Memilih baju pengantin harus yang sesuai dengan karakter kamu atau adat istiadat daerah setempat.

Namun, kamu harus mencari baju pengantin yang cocok dengan ukuran pas. Kalau ingin cepat mungkin bisa membuat baju pengantin dari awal, tapi sewa juga bisa justru lebih hemat. Harga sewa baju pengantin di mulai dari 2 juta sampai 5 juta.

11. Souvenir

Memilih hadiah atau souvenir pernikahan untuk para tamu undangan harus yang berkualitas serta bermanfaat. Contohnya kipas, gelas, pulpen dompet atau lain sebagainya dengan harga lebih terjangkau.

Secara umum biaya untuk membeli souvenir membutuhkan 2 sampai 3 juta untuk jumlah 200 tamu undangan.

12. Undangan

Di jaman sekarang membagikan undangan pernikahan bisa melalui online, sehingga lebih hemat biaya nikah di gedung. Sedangkan, membuat undangan pernikahan menggunakan kertas membutuhkan biaya sekitar 1 juta sampai 2 juta tergantung jumlah orang yang ingin di undang.

Pastikan, memilih bahan kertas undangan pernikahan yang berkualitas serta memiliki desain menarik.

13. Seragam Keluarga

Supaya hasil foto bersama keluarga terlihat bagus, maka gunakan baju seragam baik itu perempuan maupun laki-laki. Untuk menyiapkan biaya buat seragam keluarga sekitar 8 juta atau 1 orang 200 ribu.

Jika ingin lebih hemat, gunakan jasa sewa seragam keluarga dengan memilih desain menarik serta ukuran pas. Untuk sewa seragam keluarga sekitar 4 juta saja.

14. Bridesmaid

Bridesmaid adalah seragam untuk teman dekat yang diberikan oleh pengantin perempuan supaya terlihat kompak dan bagus pada hasil foto. Nah, biaya membuat bridesmaid sendiri cukup bervariasi mulai dari 2 juta sampai 4 juta tergantung jumlah teman serta kualitasnya.

Apabila ingin hemat, mungkin bisa gunakan jasa sewa baju bridesmaid pernikahan dengan harga paket di mulai 1 juta sampai 1,5 juta, jumlahnya ada 10 pasang.

15. Dokumentasi

Salah satu bagian penting dalam pelaksanaan pernikahan di gedung yaitu dokumentasi atau fotografer. Mungkin jasa tersebut sudah didapatkan kalau kamu memilih paket pernikahan di gedung.

Kalau hanya sewa gedung, kamu harus mencari jasa fotografer yang sudah berpengalaman serta memiliki hasil foto atau video cukup bagus. Secara umum, jasa fotografer pernikahan berkisar 5 juta sampai 10 juta tergantung pilihan paketnya.

16. Photo Booth

Sebagian tambahan dokumentasi, mungkin kamu bisa sewa photo booth untuk dijadikan spot foto maupun video bagi para tamu undangan. Sehingga para tamu undangan dapat mengabadikan momen saat hadir di pernikahan kamu atau bisa di cetak langsung.

Untuk tarif pasang photo booth tergantung durasi maupun jumlah cetak foto. Sebagai contoh, paket 400 lembar harganya 4 juta dengan durasi 3 jam saja.

17. Hiburan

Untuk memeriahkan acara pernikahan di gedung, ada baiknya kamu mengundang band atau live music di saat para tamu undangan menyicipi hidangan makanan maupun minuman. Selain itu, para tamu undangan pun juga ikut serta menyumbang suara di tengah acara pernikahan.

Perlu diketahui, biaya hiburan di gedung di mulai dari 1 juta sampai 50 juta tergantung penyanyi atau bandnya. Jika penyanyi atau band di undangnya terkenal, maka semakin banyak biaya yang dikeluarkan.

18. Lain-Lain

Rincian nikah di gedung yang terakhir yaitu biaya lain-lain untuk kebutuhan di luar dugaan seperti kue pengantin, sewa mobil, transportasi keluarga atau lain sebagainya. Untuk jumlah biaya lain-lain di gedung, ada baiknya 5 juta sampai 10 juta.

Setelah tahu rincian lengkap biaya nikah di gedung, pastinya ada dari kamu akan mempertimbangkan kembali. Namun jangan khawatir, biaya nikah di gedung itu bisa menyesuaikan dengan budget.

Untuk memudahkan kamu dalam menyiapkan biaya nikah di gedung, kami sudah membuat rangkuman tabel terkait estimasi biaya lebih singkat di bawah ini:

JenisBiaya
Sewa gedungRp 30.000.000
Wedding OrganizerRp 10.000.000
CateringRp 15.000.000
DekorasiRp 10.000.000
PenghuluRp 600.000
Mas kawinRp 1.000.000
Cincin kawinRp 2.000.000
HantaranRp 5.000.000
Rias pengantinRp 5.000.000
Baju pengantinRp 4.000.000
SouvenirRp 3.000.000
UndanganRp 2.000.000
Seragam keluargaRp 3.000.000
BridesmaidRp 2.000.000
DokumentasiRp 8.000.000
Photo BoothRp 2.000.000
HiburanRp 10.000.000
Biaya lain-lainRp 5.000.000
Total Estimasi BiayaRp 123.000.000

Dari estimasi biaya di atas berdasarkan pengalaman saya sendiri, sehingga cocok untuk dijadikan referensi atau persiapan. Namun, biaya nikah di gedung dapat bervariasi tergantung pemilihan paket atau persetujuan antara kedua pihak pasangan maupun keluarga.

Tips Menyiapkan Biaya Nikah di Gedung

Tips Menyiapkan Biaya Nikah di Gedung
Source image: jambiindependent.disway.id

Sudah tau nih estimasi biaya nikah di Gedung, tentu ada dari kamu sudah menyiapkannya. Walaupun mengambil paket pernikahan di gedung jauh lebih murah, tapi terdapat batasan yang mengharuskan mengundang tamu undangan terbatas.

Supaya persiapan nikah di gedung aman dan terjangkau, kamu perlu mempersiapkan biaya tersebut di jauh-jauh hari sebelum hari H pernikahan. Untuk itu, kami memberikan tips menyiapkan biaya nikah di gedung melalui penjelasan berikut ini.

1. Menentukan Budget

Jika sudah mempunyai rencana ingin menikah di gedung, maka bicarakan bersama pasangan kamu terkait kondisi keuangan masing-masing. Adanya perbincangan tersebut akan tahu banyak kemampuan keuangan dalam melaksanakan pernikahan di gedung.

Selanjutnya, kamu bersama pasangannya bisa menentukan budget yang sesuai konsep pernikahan diinginkan.

Pastikan, jangan sampai memaksakan nikah di gedung karena biayanya cukup mahal. Sedangkan biaya rumah tangga lebih banyak dibandingkan mengeluarkan untuk acara pernikahan.

2. Riset Fasilitas Sewa Gedung

Setelah menentukan budget dan mengetahui biaya yang dibutuhkan nikah di gedung. Kemudian, lakukan riset fasilitas gedung, contohnya lokasi strategis, ukuran ruangan, jenis paket dan lain sebagainya.

Jangan sampai memilih gedung pernikahan tidak lengkap dengan meja, dekorasi, catering maupun kebutuhan lainnya. Lakukanlah riset dengan baik untuk mendapatkan harga terjangkau.

3. Menyiapkan Biaya Nikah dari Awal

Mempersiapkan biaya nikah dari awal adalah salah satu tips persiapan yang paling baik. Dengan begitu, kamu bisa membuka tabungan biaya nikah dan jangan di campur dengan uang kebutuhan lainnya.

4. Prioritaskan Kebutuhan

Tips mempersiapkan biaya nikah di gedung terakhir yaitu prioritaskan kebutuhan utama, seperti menyicil hantaran, mahar atau cincin kawin. Selain itu, kurangi beberapa kebutuhan tidak penting yang mengakibatkan tabungan nikah menjadi berkurang.

Kesimpulan

Itulah informasi yang dapat di sampaikan biayanikah.com terkait biaya nikah di gedung beserta rincian lengkapnya. Semoga pembahasan di atas bisa dijadikan referensi untuk menyiapkan biaya nikah di gedung.

Tinggalkan komentar