10 Contoh Mas Kawin Bermanfaat dan Romantis

Contoh Mas Kawin – Sebagai calon pengantin pria sebelum menikah harus memikirkan mahar yang akan diberikan kepada pengantin wanita. Mungkin, pemilihan mahar bisa sederhana, romantis, berkesan dan mempunyai manfaat untuk kedepanya menjalin keluarga yang baru saja disahkan.

Mahar mempunyai kata istilah lain yaitu mas kawin dengan konsep serupa dalam bentuk harta atau nilai. Sebenarnya mas kawin bisa memberikan dalam bentuk uang, barang atau jasa yang penting tidak bertentangan dengan ketentuan agama Islam. Selain itu, mas kawin bisa sebagai bukti keseriusan pengantin pria saat membangun rumah tangga dengan istrinya.

Namun, yang menjadi masalah adalah pengantin pria masih bingung mencari contoh mas kawin yang bermanfaat dan romantis. Selain itu, mas kawin bisa dimanfaatkan ketika sudah menjalin rumah tangga bersama. Kemudian, mas kawin bisa di ukur besar kecilnya harga sesuai keinginan perempuan atau kemampuan pria.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi terkait contoh mas kawin bermanfaat dan romantis ketika diberikan pada hadapan kedua pihak keluarga besar. Apabila sudah tidak sabar ingin tahu apa saja contohnya bisa ikuti pembahasan kali ini dibawah ini dengan baik dan benar.

Contoh Mas Kawin yang Romantis

mas kawin bermanfaat agama islam

Dalam agama Islam seorang wanita boleh memilih mas kawin sesuai dengan keinginannya. Namun, agama Islam telah memberikan saran tidak boleh memberatkan pihak pria dalam memberikan mas kawin sehingga harus sewajarnya saja sesuai nilai harganya dalam bekerja atau kemampuan.

Memang pernikahan hanya dilakukan satu kali dalam hidupnya, akan tetapi mas kawin terlalu mahal lalu pihak pria sangat keberatan maka pihak wanita harus memakluminya. Selain itu, mas kawin bisa digunakan untuk kebutuhan atau manfaat pada saat menjalani rumah tangganya.

Mungkin, sebagai calon pengantin pria akan bingung memberikan mas kawin dalam bentuk apa agar bisa bermanfaat. Berikut biayanikah memberikan contoh mas kawin bermanfaat dan romantis dibawah ini:

1. Emas

Contoh mas kawin pertama yaitu emas, mungkin banyak sekali orang memilihnya karena mempunyai keunggulan yaitu nilai stabil seiring berjalannya waktu ketika ingin menjualnya. Ketika emas bisa jadi contoh mahar bisa digunakan pada saat rumah tangga karena harga jualnya terus bertambah.

Namun, emas yang diberikan kepada wanita biasanya dalam bentuk perhiasan atau emas batangan. Kenali emas batangan banyak disukai karena mendapatkan sertifikat resmi sehingga mudah dijual. Selain itu, bisa dijadikan jangka waktu lama sebagai investasi rumah tangga.

2. Uang

Contoh mas kawin kedua yaitu dalam bentuk sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia memilihnya. Karena tidak ada nominal harus diberikan kepada wanita dan akan dikembali sesuai kesepatan antara kedua pihak keluarga.

Biasanya, nominal ditentukan sesuai dengan tanggal pernikahan atau menjadi simbol unik proses akad nikah. Untuk mempercantik mas kawin uang bisa dihiasi aesthetic sehingga nyaman dilihat oleh saksi keluarga besar.

3. Perak

Selain emas, bisa memilih perak sebagai jalan alternatif untuk memberikan mas kawin. Adanya perak bisa dijadikan contoh mahar pada pelaksanaan pernikahan dengan harga lebih terjangkau. Namun, nilai jual perak tidak stabil dalam waktu panjang walaupun total berat sama.

4. Satu Set Perlengkapan Ibadah

Ketika melaksanakan pernikahan dengan kepercayaan agama Islam lebih baik memilih mas kawin satu set perlengkapan ibadah karena harganya lebih terjangkau dibandingkan emas, perak, dan sebagainya. Selain itu, satu set perlengkapan ibadah bisa dijadikan contoh mahar aesthetic apabila dihias.

Namun, perlu diingat bahwa satu set perlengkapan ibadah tidak boleh dijual walaupun sudah menjadi rumah tangga. Karena perlengkapan ibadah di dunia bisa digunakan menyempurnakan ibadah dalam rumah tangga.

5. Perlengkapan Hobi

Pada jaman sekarang banyak sekali wanita dengan hobi sudah tergila-gila, maka dari itu perlengkapan hobi wanita bisa dijadikan contoh mas kawin. Adapun beberapa contoh perlengkapan hobi seperti album musik, alat berenang dan sebagainya.

6. Sertifikat Tanah

Sertifikat tanah bisa sebagai contoh mahar pernikahan karena memiliki nilai jual cukup tinggi setiap tahunnya. Selain itu, sertifikat tanah bisa disimpan untuk jangka waktu yang lama dan bisa dijadikan kenangan dalam pernikahan.

7. Hewan Ternak

Hewan ternak bisa dijadikan contoh mahar pernikahan karena berbentuk harta untuk jangka waktu yang panjang. Selain itu, hewan ternak bisa dijadikan manfaat yaitu berternak bersama istri dan menghasilkan uang dengan halal.

8. Saham dan Reksa Dana

Contoh mas kawin paling viral pada jaman sekarang yaitu memberikan saham atau reksa dana karena mempunyai manfaat cukup banyak. Bahkan saham atau reksa dana bisa dijadikan jangka waktu panjang dan menghasilkan uang cukup banyak. Akan tetapi, memilih saham untuk dijadikan mas kawin harus berkualitas.

9. Honeymoon

Tingkat wisata di Indonesia bahkan Luar Negeri sangat meningkat yang menyebabkan beberapa calon pengantin wanita atau pria lebih memilih mas kawin honeymoon. Jarang sekali pengantin pria memberikan honeymoon sebagai mahar pernikahan, maka dari itu contoh ini bisa dilakukan dan sah-sah saja.

10. Ibadah Umroh atau Haji

Contoh mas kawin terakhir yaitu memberikan tiket hadiah umroh atau haji kepada calon istri. Mungkin, masyarakat agama Islam ingin melaksanakan pernikahan bisa dijadikan contoh mahar. Namun, ibadah umroh atau haji membutuh uang cukup banyak sekitar 25 juta hingga 50 juta per orang.

Kesimpulan

Nah jadi kesimpulan dari pembahasan kali ini adalah ada beberapa barang bisa dijadikan contoh mahar pernikahan. Perlu diingat bahwa mas kawin diberikan kepada wanita harus bermanfaat dan romantis.

Sekian pembahasan dari kami mengenai Contoh Mas Kawin sederhana tapi berkesan untuk calon istrinya. Adanya informasi diatas dapat bermanfaat untuk calon mempelai pria ingin memberikan mas kawin kepada istrinya.

Tinggalkan komentar