7 Mahar Pernikahan Adat Toraja Terlengkap

Mahar Pernikahan Adat Toraja – Setiap suku atau adat di Indonesia memiliki syarat mahar pernikahan berbeda-beda, contohnya adat Toraja. Adapun beberapa contoh mahar pernikahan adat Toraja dengan nilai harga tinggi maupun rendah.

Meskipun tidak ada ketentuan mahar yang mengharuskan nilai harga puluhan hingga ratusan juta sebagai syarat menikahi seorang gadis Toraja. Namun bukan berarti menikahi seorang gadis Toraja adalah hal yang mudah.

Pasalnya ada upacara pernikahan adat Toraja yang menanyakan perihal kemampuan untuk bertanggung jawab menafkahi putrinya. Sebab itu untuk menjadi bukti, seorang laki-laki memberikan mahar kepada calon istrinya.

Lantas apa saja contoh mahar pernikahan adat Toraja? Hal ini harus diketahui oleh pasangan laki-laki sebelum menikahi gadis Toraja. Untungnya, biayanikah sudah merangkum contoh mahar gadis Toraja yang sering digunakan oleh mempelai laki-laki.

Daftar Mahar Pernikahan Adat Toraja Terlengkap

Mahar pernikahan adat Toraja adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh mempelai laki-laki untuk menikahi mempelai perempuan. Biasanya mahar di adat Toraja berupa uang yang diberikan mempelai laki-laki kepada keluarga mempelai wanita sebagai tanda penghargaan dan penghormatan.

Jumlah mahar adat Toraja dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti status sosial keluarga, daerah, tingkat kesulitan upacara dan jumlah tamu undangan. Maka dari itu tidak heran kalau mempelai laki-laki mengeluarkan biaya banyak untuk menikah seorang gadis Toraja.

Selain itu kamu harus berhati-hati dalam memilih mahar pernikahan. Supaya tidak salah, mungkin bisa konsultasi dengan orang tua atau bertanya kepada mempelai perempuan apa yang diinginkan. Pasalnya, mahar tersebut sepenuhnya akan diberikan kepada mempelai perempuan.

Di tanah Toraja, selain pernikahan yang disahkan secara agama dan negara, tapi juga harus disahkan secara adat. Berikut adalah daftar mahar pernikahan adat Toraja terlengkap yang bisa dijadikan contoh atau referensi.

1. Uang Panai

uang panai toraja

Uang panai bukan hanya dipakai untuk tradisi pernikahan adat Bugis, Makassar atau Mandar, tetapi bisa digunakan di adat Toraja. Pasalnya uang panai adalah pemberian uang oleh pihak laki-laki kepada pihak perempuan sebagai syarat perkawinan.

Tujuan memberikan uang panai kepada mempelai perempuan sebagai uang belanja atau kebutuhan sehari-hari. Adapun besaran uang panai mulai dari 10 juta sampai 100 juta tergantung keinginan mempelai perempuan.

Sebab itu banyak orang menilai mahar menikahi seorang gadis Toraja sangatlah besar biayanya. Hal tersebut nyata sebagai bentuk pengantin laki-laki dewasa dan tanggung jawab.

2. Kerbau

kerbau adat toraja

Salah satu upacara pernikahan adat Toraja ada yang membutuhkan hewan ternak seperti kerbau yaitu Tedong. Oleh sebab itu mempelai laki-laki bisa memberikan hewan ternak kerbau kepada keluarga pihak mempelai perempuan, namun jumlah tidak satu melainkan lebih dari tiga ekor.

Pemotongan kerbau ini dilakukan sebelum acara pernikahan berlangsung, di mana dagingnya akan dibagikan warga sekitar atau para tamu undangan yang telah hadir. Untuk harga 1 kerbau bisa mencapai 50 juta sampai 1 miliar tergantung jenisnya.

3. Logam Mulia

logam mulia adat toraja

Selain uang panai, ada juga mempelai perempuan meminta dalam bentuk barang yaitu emas logam mulia. Biasanya permintaan ini dipakai oleh mempelai perempuan jaman sekarang. Pasalnya bisa dijadikan investasi jangka panjang.

Namun pemilihan logam mulia tidak sembarangan, di mana seorang pengantin laki-laki harus mengabulkan permintaan berat emas dari mempelai perempuan. Biasanya berat mahar logam mulia adat Toraja dimulai 10 gram sampai 100 gram, apabila di rupiahkan 10 juta hingga 100 juta.

4. Uang Logam Lama

uang logam lama adat toraja

Sebelum menentukan pernikahan, di adat Toraja memiliki beberapa tahapan seperti lamaran. Tidak seperti adat Jawa, di mana lamaran adat Toraja pasangan laki-laki harus memberikan uang logam lama secara lengkap.

Dengan memberikan mahar uang logam lama menandakan pengantin laki-laki berniat menikahi seluruh bagian dalam hidup mempelai perempuan. Karena sudah sulit ditemukan, maka nilai jual uang logam lama di suku Toraja sangatlah tinggi.

5. Surat Tanah

mahar surat Tanah

Apabila tidak ingin berbentuk uang, maka bisa memilih mahar pernikahan adat Toraja yaitu surat tanah. Adanya pemberian mahar surat tanah dari mempelai laki-laki kepada mempelai perempuan memiliki makna tersendiri. Maknanya yaitu seorang laki-laki sudah memiliki rumah untuk bersama calon istrinya.

Tapi surat tanah yang menjadi mahar pernikahan ada kriteria yaitu memiliki nilai harga jual tinggi. Namun tanah mahar pernikahan tersebut bisa berbentuk bangunan maupun masih tanah kosong.

6. Saham

mahar saham toraja

Pasangan di jaman sekarang memilih mahar pernikahan lebih modern untuk investasi jangka panjang yaitu saham perusahaan maupun online. Namun dalam waktu pemberian mahar pernikahan tersebut ada bentuknya seperti menggunakan bingkai atau lain sebagainya.

Hal tersebut bertujuan supaya seluruh saksi atau penghulu bisa percaya bahwa mahar itu nyata ada. Untuk mahar pernikahan ada Toraja seperti saham harus bernilai tinggi dan apa yang sesuai diinginkan oleh mempelai perempuan.

7. Seperangkat Alat Ibadah

mahar Seperangkat Alat Ibadah toraja

Apabila mempelai laki-laki belum siap untuk memberikan mahar seperti di atas, mungkin bisa menggunakan seperangkat alat ibadah. Meskipun mahar ini jarang dilakukan oleh pasangan pengantin adat Toraja, tapi bisa di coba dengan berdiskusi antar kedua pihak.

Jika ingin menggunakan mahar ini, pastikan seluruh keluarga atau orang terkait di pernikahan kamu harus diberikan penjelasan. Hal ini bertujuan supaya tidak ada salah paham.

Kesimpulan

Setelah melihat daftar mahar pernikahan Toraja dapat disimpulkan bahwa nilai harga besar atau kecilnya tergantung beberapa faktor, contohnya yang paling berpengaruh yaitu status sosial keluarga. Tapi jangan khawatir, apabila memang mempelai laki-laki belum sanggup bisa konsultasi kepada keluarga mempelai perempuan.

Sekiranya tentang mahar pernikahan adat Toraja ada pertanyaan? Jika memang ingin tahu lebih mendalam tentang pernikahan silahkan cek artikel yang terkait. Contohnya tentang sejarah atau upacara adat pernikahan Toraja.

Tinggalkan komentar