8 Mahar Pernikahan Adat Melayu Terlengkap

Mahar Pernikahan Adat Melayu – Salah satu syarat menikahi perempuan dari adat Melayu yaitu memberi mahar tanpa ada tawar menawar. Sebab itu penting diketahui oleh kedua pasangan terkait mahar pernikahan adat Melayu yang sesuai tradisi.

Besaran nilai mahar pernikahan tergantung beberapa faktor, contohnya permintaan mempelai perempuan kepada mempelai laki-laki. Mengingat mahar ini adalah sebuah tradisi pernikahan adat Melayu, maka mempelai laki-laki tidak boleh menawarnya.

Dengan ketentuan tersebut, maka tidak heran kalau biaya menikahi seorang perempuan Melayu tergolong besar. Supaya tidak terlalu berat, mungkin mempelai laki-laki mempersiapkan mahar di jauh-jauh hari sebelum acara pernikahan berlangsung.

Apabila kamu dan pasangan masih bingung memilih mahar pernikahan ada Melayu, maka biayanikah sudah merangkum daftar mahar yang bisa dijadikan referensi atau contoh. Apabila ingin mengetahui apa saja maharnya silahkan simak dan ikuti terus pembahasan di bawah ini.

Daftar Mahar Pernikahan Adat Melayu Terlengkap

Mahar pernikahan di Indonesia cukup bervariasi dan bisa ditentukan berdasarkan ketentuan adat istiadat setempat. Contohnya saja di adat Melayu ada beberapa faktor yang mempengaruhi besar atau kecilnya nilai mahar pernikahan.

Oleh karena itu besaran nilai mahar pernikahan Melayu sulit ditebak, bisa banyak ataupun sedikit. Namun kebanyakan sekarang nilai mahar pernikahan Melayu tergantung dari beberapa hal seperti latar belakang mempelai perempuan. Semakin terpandang atau terhormat keluarga mempelai perempuan, maka semakin tinggi nilai maharnya.

Selain itu mahar juga ditentukan tingkat kecantikan mempelai perempuan. Jika perempuan tersebut cantik, maka nilai mahar pernikahan semakin tinggi. Namun saat ini faktor paling mempengaruhi nilai mahar pernikahan suku Melayu yaitu status pendidikan dan status sosial keluarga.

Setelah diketahui adat Melayu melarang serta memantangkan tawar menawar dalam menentukan mahar pernikahan. Ada baiknya kamu dan pasangan mencari tahu daftar mahar pernikahan adat Melayu yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum ditentukan, contohnya ada di bawah ini.

1. Uang Tunai

mahar uang tunai melayu

Uang tunai merupakan salah satu jenis mahar paling sering digunakan oleh mempelai adat Melayu. Dalam menentukan berapa nominal uang tunai yang diberikan dalam pernikahan adat melayu tidaklah ada batasan minimal. Yang terpenting besarnya nominal telah disepakati serta tidak merendahkan perempuan.

Apabila kamu bingung menentukan nominal uang tunai mahar pernikahan, ada baiknya tentukan berdasarkan tanggal akad nikah. Selain itu bisa juga berdasarkan tanggal lahir mempelai Perempuan ataupun laki-laki.

2. Emas

mahar emas adat melayu

Jenis mahar yang sering digunakan dalam pernikahan adat melayu yaitu emas. Jenis mahar ini dipilih mempelai adat melayu karena memiliki nilai yang tinggi dan cenderung naik seiring waktu. Emas bisa juga dijadikan investasi oleh pihak perempuan sehingga lebih berguna.

Berapa berat emas yang digunakan dalam mahar pernikahan adat melayu? Sebenarnya berat emas yang diberikan mempelai laki-laki tidak ada minimalnya. Ada baiknya emas yang diberikan merupakan jenis emas Batangan ataupun logam mulia.

3. Aset Properti

mahar pernikahan sertifikat adat melayu

Jenis mahar ini terbilang sangat berharga, aset properti menjadi contoh mahar pernikahan bernilai tinggi untuk jangka panjang. Aset properti biasanya berupa bukti kepemilikan tanah yang harganya cenderung naik setiap tahunnya. Aset properti ini dinilai lebih bermanfaat dalam jangka waktu kedepan.

Pasalnya aset properti bisa dijadikan investasi atau simpanan yang harganya cenderung naik setiap tahunnya. Jenis mahar ini biasanya digunakan dalam pernikahan adat melayu dikalangan menengah ke atas.

4. Kendaraan

mahar kendaraan adat melayu

Dalam pernikahan adat melayu banyak jenis mahar yang diberikan mempelai laki-laki untuk mempelai perempuan dengan nilai harga tinggi. Salah satu mahar bernilai tinggi yang diberikan yaitu berupa kendaraan. Pasalnya harga kendaraan pada saat ini cukup tinggi mulai dari 20 juta sampai ratusan juta.

Jenis kendaraan yang diberikan pada umumnya berupa mobil maupun sepeda motor. Pastinya kendaraan yang dijadikan mahar bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari setelah menikah.

5. Perlengkapan Rumah Tangga

mahar pernikahan perlengkapan rumah tangga

Contoh mahar pernikahan adat Melayu cukup populer pada saat ini yaitu Perlengkapan Rumah tangga. Banyak pasangan memilih perlengkapan rumah tangga sebagai mahar pernikahan. Pasalnya, perlengkapan rumah tangga sangat bermanfaat untuk kehidupan setelah menikah.

Adapun contoh barang perlengkapan rumah tangga yang dijadikan mahar yaitu berupa tempat tidur, kursi, lemari, perabotan dapur atau sebagainya. Yang pasti mahar ini akan sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari dan dapat memenuhi perlengkapan rumah.

6. Perlengkapan Agama

mahar pernikahan Perlengkapan Agama adat melayu

Banyak mempelai suku melayu menggunakan perlengkapan ibadah sebagai mahar pernikahan. Perlengkapan ibadah memiliki harapan dapat menyempurnakan ibadah pasangan suami istri. Pastikan kamu memilih perlengkapan ibadah yang berkualitas bagus agar awet digunakan.

Meskipun perlengkapan ibadah dinilai sebagai mahar yang sederhana, namun mahar ini sangat berkesan dan bermanfaat untuk mempelai Perempuan. Perlengkapan ibadah yang diberikan berupa mukena, sajadah, tasbih, serta Al-Quran.

7. Hewan Ternak

mahar pernikahan hewan ternak

Hewan ternak bisa kamu jadikan mahar pernikahan suku melayu. Mungkin Sebagian orang masih bingung dengan mahar hewan ternak. Contoh hewan ternak apa saja yang dapat dijadikan mahar pernikahan? Hewan ternak yang dapat dijadikan mahar diantaranya sapi, ayam, kambing, unta, kuda.

Banyaknya hewan ternak yang diberikan mempelai laki-laki bisa disepakati dengan mempelai Perempuan. Hewan ternak juga bisa dijadikan ladang bisnis untuk kehidupan setelah menikah. Jadi hewan ternak bisa menjadi alternatif mahar pernikahan di suku Melayu.

8. Saham

mahar pernikahan saham di adat melayu

Mahar pernikahan sering digunakan oleh pasangan suku Melayu unik terakhir yaitu saham. Mungkin jenis mahar ini bisa dijadikan tambahan apabila mahar uang tunai atau emas merasa kurang supaya mempelai perempuan lebih bahagia.

Jenis mahar ini dinilai berharga karena memiliki nilai yang tinggi dan bisa dijadikan investasi untuk jangka Panjang. Tentu saja mahar jenis ini sangat berbeda dan unik, bentuk saham ini bisa berupa saham perusahaan yang nantinya dapat dijadikan Tabungan untuk masa depan.

Kesimpulan

Mahar pernikahan adalah barang berharga yang harus diberikan oleh mempelai laki-laki kepada mempelai perempuan. Pastinya memilih mahar harus yang sesuai tradisi adat setempat, seperti adat Melayu dengan mempertimbangkan beberapa faktor.

Jika kamu sudah bisa menentukan mahar bersama pasangannya, maka selanjutnya harus mengetahui sejarah dan upacara pernikahan adat Melayu yang sudah kami bahas pada pembahasan sebelumnya.

Tinggalkan komentar