Harga Rias Pengantin Terbaru 2024 dan Tips Memilih

Rias Pengantin – Di antara sekian banyak hal yang perlu dipersiapkan menjelang pernikahan, rias pengantin dan sewa baju merupakan dua hal penting tidak boleh dilewatkan. Keduanya sangat memengaruhi penampilan selama proses pernikahan sehingga tidak boleh asal-asalan dalam memilihnya.

Harga rias pengantin sendiri cukup variatif karena tergantung dari kemampuan MUA (Make Up Artist) maupun dari lokasi berada. Selain itu, jenis riasan yang dipakai pun sangat memengaruhi besaran harganya, karena tidak hanya digunakan pada acara akad nikah saja tapi bisa digunakan foto prewedding. Jika ingin tahu lebih lengkapnya, yuk cek rinciannya berikut.

Memahami Pentingnya Rias Pengantin

makna rias pengantin

Pernikahan merupakan momentum paling istimewa dalam hidup bagi siapa pun yang menjalaninya, khususnya bagi para kaum Hawa. Tak heran, saat pernikahan mereka menginginkan penampilan paling cantik di antara semua tamu undangan dengan riasan sekaligus kostum terbaiknya.

Rias pengantin atau dalam bahasa Jawa sering disebut sebagai rias manten (paes) sangat dipengaruhi oleh kebudayaan di tempat tinggal masing-masing. Namun, dapat memilih jenis riasan akan digunakan apakah itu tradisional, modern, ataupun hijab.

Akan tetapi, memilih riasan tepat agar penampilan tampil cantik dan menawan tentu tidaklah mudah. Oleh karena itu, jauh-jauh hari sebelum pernikahan tiba, setidaknya para calon pengantin harus mempersiapkan riasan terbaik akan mereka gunakan nantinya.

Salah satunya yakni memilih jasa rias pengantin atau MUA (Make Up Artist) terjamin kualitasnya sehingga tampil cantik namun tetap tampak natural. Bukan tampilan menor justru akan memperburuk penampilan.

Tentunya, tidak ingin bukan saat sedang berada di hadapan para tamu, justru make up dipakai luntur, geser, atau bahkan belepotan bukan?

Apalagi, buat kalian yang berencana menggunakan riasan tradisional menggunakan tradisi atau adat tertentu. Maka tidak boleh salah pilih dalam menentukan jasa rias pengantin akan digunakan.

Fungsi dari rias pengantin sendiri cukup beragam, namun tujuan akhirnya yakni digunakan untuk membuat penampilan lebih cantik. Jika diuraikan secara lebih lanjut, maka ada beberapa macam fungsi dari rias pengantin yakni:

  • Style: rias pengantin berperan memberikan gaya atau style agar menghasilkan penampilan sesuai dengan bentuk wajah maupun karakter dari dirinya maupun orang lain, serta memunculkan kewibawaan maupun inner beauty.
  • Corrective: fungsi rias paling penting ialah untuk menutupi kekurangan pada wajah seperti jerawat, flek hitam, ataupun scar sehingga tampak makin sempurna secara keseluruhan.
  • Character: pentingnya riasan bagi pengantin yakni untuk membentuk karakter serta mengubahnya agar tampak lebih muda, lebih tegas, atau memiliki sifat sesuai adat dan suku bangsa masing-masing.

Tips Memilih Rias Pengantin

cara memilih rias pengantin

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, saat kalian melangsungkan pernikahan maka harus memilih rias pengantin tepat sehingga tampilan cantik namun tetap tampak natural. Nah, berikut ini merupakan beberapa tips dapat kalian coba dalam memilih rias pengantin:

A. Sesuaikan dengan Tema Pernikahan

Apakah pernikahan kalian gelar merupakan pernikahan adat, pernikahan tradisional, ataukah pernikahan modern? Hal tersebut perlu kalian ketahui karena akan menjadi pertimbangan tersendiri saat menentukan rias manten nantinya.

Bagi yang menggunakan jasa MUA, maka dari itu harus membicarakan terlebih dahulu tema pernikahan sehingga tahu apakah mereka sanggup merias atau tidak. Hal ini karena masing-masing jasa rias umumnya memiliki spesialisasi dan kemampuan masing-masing dalam bidang make up.

B. Pahami Kondisi Keuangan Pernikahan

Setiap pasangan hendak menikah tentunya punya budget berbeda. Tentu siapa pun ingin pernikahan mereka mewah dan penuh dengan tamu undangan. Namun, keterbatasan biaya seringkali menghalangi semua itu sehingga ada beberapa pengeluaran harus dipangkas, salah satunya yakni dalam hal rias pengantin.

Walau demikian, bukan berarti memilih jasa rias dengan harga murah kualitas ditawarkannya buruk. Bahkan tak jarang terdapat MUA dengan harga murah di bawah harga standar namun kualitasnya tak perlu diragukan lagi. Jadi, perlu menentukan biaya untuk rias pernikahan sesuai kondisi keuangan masing-masing.

C. Cari Referensi baik Secara Online atau Offline

Setelah menetapkan budget tepat untuk riasan di hari pernikahan, selanjutnya tinggal memilih jasa rias terbaik diawali dengan memilih referensi tepat baik secara online maupun offline.

Sebelum mencari tahu secara online, alangkah baiknya tanya ke teman, keluarga, atau saudara. Siapa tahu mereka punya rekomendasi jasa rias bagus dengan harga terjangkau sehingga dapat mencobanya. Jika tidak ada rekomendasi tepat, baru cari referensi secara online baik di sosial media, web, maupun forum.

D. Pilih Rias Pengantin Terdekat

Memilih MUA yang bagus dan terbukti kualitasnya memang keharusan, namun kalian pun harus mempertimbangkan jaraknya. Jika terlalu jauh, tentu bisa bermasalah saat mereka terlambat datang ke lokasi tempat pernikahan baik karena macet atau alasan lainnya.

Oleh karena itu, pilihlah jasa rias pengantin terdekat di lokasi. Misalnya masih satu kecamatan, satu kabupaten, ataupun kota tetangga. Dengan memilih jasa rias dekat, maka budget dikeluarkan pun tidak terlalu mahal nantinya karena biaya transportasi umumnya akan dibebankan kepada pelanggan.

E. Konsultasikan Kebutuhan Rias

Setelah menemukan jasa rias sekiranya cocok, selanjutnya konsultasikan konsep riasan ingin digunakan saat pernikahan nantinya. ungkapkan secara mendetail apa saja style diinginkan, apakah itu style modern, tradisional, adat, atau style make up lainnya.

Jika punya ide, jangan ragu untuk mengusulkan ide tersebut. Jika pihak perias memiliki produk tersebut dan juga dapat merias sesuai ide, maka bisa memilih jasa tersebut. Selain itu, bila punya masalah khusus seperti alergi terhadap make up tertentu atau iritasi terhadap bahan tertentu, maka jangan ragu untuk memberitahukannya.

F. Kenali Jenis & Warna Kulit

Banyak pasangan menyesal menggunakan jasa make up karena bukan tambah cantik, namun malah seperti memakai topeng begitu menor dan tebal. Hal semacam ini umumnya terjadi karena pihak perias tidak memahami jenis, tone, dan warna kulit diriasnya.

Oleh karena itu, konsultasikan warna kulit dan kebutuhan alat bahan make up biasa gunakan. Misalnya pada pemakaian foundation, perlu memberitahukan warna apa saja yang perlu digunakan agar sesuai dengan kulit. Jenisnya juga perlu diketahui seperti jika kulit kering, maka lebih cocok foundation cair, demikian sebaliknya.

G. Cobalah Tes Riasan pada Kedua Mempelai

Selanjutnya, bisa melakukan riasan untuk kedua pasangan. Jadi, bila berkunjung ke jasa rias, jangan lupa bawa juga calon suami karena ia juga nantinya perlu dirias. Tentunya, rias untuk laki-laki harus lebih natural namun kadang sulit dilakukan oleh para perias yang tidak terbiasa.

Tes riasan sendiri umumnya tersedia gratis setelah sepakat untuk menggunakan jasa tersebut. Biasanya, hanya disuruh membayar uang muka sebagai tanda kesepakatan. Setelah mencoba tes riasan, maka bisa menilai apa saja kurang dan apa saja sekiranya perlu diperbaiki.

Jenis-Jenis Rias Pengantin

jenis rias pengantin

Jika bicara tentang jenis riasan secara keseluruhan, hampir setiap suku dan daerah di Indonesia punya style-nya tersendiri. Oleh karena itu, kami membagi beberapa jenis riasan berdasarkan tampilannya yang dapat kalian jadikan referensi nantinya:

1. Rias Manten Tradisional

model adat nikahan

Biasa disebut juga sebagai riasan adat, jenis rias pengantin satu ini memang diturunkan secara adat istiadat sesuai daerah masing-masing. dibandingkan dengan rias jenis lainnya, memang riasan ini tampil lebih unik karena memiliki banyak riasan lain selain dari make up itu sendiri.

Dari segi harga, rias tradisional pun lebih mahal dan proses dandannya pun lebih lama karena membutuhkan detail lebih kompleks. Setiap daerah di Indonesia tentu memiliki ciri khas riasan berbeda mulai dari model rias Jawa, Betawi, Lampung, Sunda, Bali, atau daerah lainnya.

Umumnya, rias ini digunakan tanpa hijab. Namun, bagi para pengantin sudah terbiasa menggunakan hijab, maka bisa digabungkan dengan busana muslimah dengan riasan yang dipadu padankan.

Make up tradisional memang dapat menutupi kekurangan dari wajah kita karena riasannya yang cukup tebal. Namun, seringkali riasan tersebut mampu mengubah bentuk asli wajah sehingga sulit memancarkan aura dari wajahnya dan bahkan membuat seseorang pangling dengan kita.

Terdapat perbedaan mendasar pada riasan tradisional dibandingkan dengan riasan jenis lainnya. Oleh karena itu, dalam meriasnya dibutuhkan ahli khusus yang dinamakan sebagai “Dukun Manten”. Berikut ciri-ciri dari rias pengantin tradisional meliputi beberapa hal di bawah ini:

  • Penggunaan paes pada dahi
  • Pemakaian busana yang glamour
  • Warna make up terang medok
  • Terdapat mahkota
  • Penggunaan sanggul rambut
  • Ornamen lain yang lebih meriah
  • Mengenakan ronce bunga melati
  • Sesuai pakem dan tradisi

2. Rias Pengantin Modern

modern hijab nikahan

Seperti namanya, riasan ini menggunakan konsep modern dan kekinian yang mengikuti perkembangan zaman, terutama yang dipengaruhi dari negara-negara barat atau daerah lain di Asia.

Antara rias tradisional dan modern keduanya terdapat beberapa perbedaan yang begitu signifikan. Jika versi tradisional mengutamakan pakem dan tradisi sehingga harus sesuai aturan, versi modern justru lebih bebas dan tanpa aturan yang mengikat.

Bagi anak-anak muda zaman sekarang, mereka pun lebih suka make up modern karena menjadi trend tersendiri di kalangan mereka. Mereka bebas berekspresi dengan make ini karena sifatnya yang tanpa aturan khusus yang mengikat baik dalam hal bentuk maupun pengaplikasiannya.

Rias pengantin modern umumnya dibuat sesederhana mungkin namun tetap membuat tampilan makin cantik. Tidak ada warna yang terlalu mencolok, bahkan warnanya saling melengkapi satu sama lain.

Dari aksesorisnya sendiri pun tidak sebanyak pada riasan tradisional karena tidak menyesuaikan dengan busananya yang glamour. Berikut ini beberapa ciri-ciri rias pengantin modern:

  • Warna yang tidak terlalu mencolok
  • Penggunaan busana sesuai trend
  • Pemakaian make up tidak medok
  • Lebih bebas tanpa pakem
  • Tidak mengenakan mahkota
  • Riasan natural dan tidak banyak warna

3. Riasan Pengantin Hijab

hijab krudung nikahan

Selanjutnya ada rias pengantin hijab yang dikhususkan bagi mereka yang beragama Islam. Penggunaan busana hijab juga sangat memengaruhi make up yang digunakan seperti penggunaan make up yang lebih sederhana dan tentunya halal.

Sejatinya, riasan pengantin hijab dapat dipadukan dengan rias modern ataupun tradisional. Yang diperlukan hanya menentukan style make up yang akan dilakukan entah itu gaya natural, glowy, ataupun bold.

Karena penampilan muslimah harus menutup rapi semua aurat, maka suhu tubuh mudah meningkat sehingga merasa panas dan gerah, terutama saat cuaca terik di siang hari. Oleh karena itu, memilih make up yang tidak terlalu tebal bisa menjadi pilihan agar kulit bisa bernafas dan tak terlalu panas.

Selain itu, bisa menggunakan aneka hiasan dan aksesori untuk mempercantik penampilan. Di antaranya yaitu menambahkan aksen bunga, memakai mahkota kecil, serta menggunakan rangkaian bunga melati seperti pada riasan adat.

Untuk menghasilkan riasan lebih bagus dan natural, para pengantin muslimah bisa menggunakan concealer untuk menutup kekurangan wajah seperti flek hitam, mata panda, jerawat, dan scar. Lalu, ditambahkan dengan foundation yang memiliki 1 tingkat warna lebih cerah.

  • Dapat dipadukan dengan rias modern/tradisonal
  • Make up natural dan tipis jauh lebih cocok
  • Tidak ada aturan khusus sesuai pakem atau tradisi
  • Tertutupnya seluruh aurat tubuh seorang muslimah
  • Ornamen atau hiasan lebih simpel
  • Dapat menggunakan hiasan simpel seperti bunga

Menentukan Harga Rias Pengantin

harga sewa baju pernikahan

Berbagai hal perlu dipersiapkan saat akan merias pengantin, termasuk dari segi harganya. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan apabila ingin merias pengantin terkait dengan biaya akan dikeluarkan:

1. Durasi Acara

Jika ingin menggelar pernikahan dengan upacara adat, maka durasinya dapat memakan waktu berjam-jam, bahkan lebih dari 3 jam jika mengikuti semua tradisi telah ditentukan. Belum lagi setelah itu harus melalui resepsi dan foto-foto akan memakan lebih banyak waktu.

Oleh karena itu, make up dibutuhkan pun harus tebal agar sampai akhir acara tidak geser, luntur, ataupun bersisik tentunya justru akan membuatnya tampak semakin buruk.

Proses make upnya pun jauh lebih lama. Jika biasanya hanya butuh waktu 30 menitan, maka bisa butuh 1 jam lebih. Apalagi, jika ingin menggunakan make up tebal namun hasil natural, tentu butuh penyesuaian lebih banyak sehingga harga yang dikeluarkan pun lebih banyak.

2. Banyaknya Make Up

Umumnya, di hari pernikahan terdapat 2 kali make up jika acara yang di gelar panjang. Misalnya pagi untuk proses akad nikah dan upacara adat lalu siang atau malam untuk proses resepsi dan foto-foto keluarga.

Semakin banyak make up dilakukan, maka biayanya pun semakin mahal. Sebut saja jika satu kali make up seharga Rp 1 juta, maka dua kali lipat saja sudah double harga. Belum lagi jika melakukan make up berkali-kali untuk setiap proses acaranya, tentunya akan semakin mahal pula.

3. Jumlah Orang Dirias

Saat pernikahan, tentu tidak hanya pasangan mempelai pria atau wanita saja dirias bukan? Para bridge, putri domas, orang tua, saudara, mertua, juga perlu dirias agar tampil lebih cantik.

Walau tidak se-intens riasan pada mempelai wanita, namun setiap riasan tersebut pun akan ikuti dikenakan biaya. Jadi, bila merias lebih banyak orang, maka jangan lupa untuk menyiapkan dana lebih besar.

Untuk mendapatkan harga murah, maka harus berdiskusi terlebih dahulu dengan pihak MUA atau jasa rias. Mereka umumnya akan memberikan potongan harga apabila jumlah rias semakin banyak.

4. Jenis Make Up Artist Dipakai

Semakin mahal make up artist dipakai, maka umumnya semakin bagus juga kualitas hasil riasannya. Jika ingin harga lebih murah, maka jasa rias reguler bisa dipilih, namun bisa ingin mendapatkan kualitas terbaik, maka MUA profesional bisa jadi pilihan paling tepat.

Kualitas alat dan make up-nya juga sangat berpengaruh. Apabila digunakan oleh MUA tersebut adalah make up high end impor, maka harganya pun akan lebih mahal dibandingkan dengan produk lokal. Tentunya, hasil didapatkan pun akan bagus dan tidak akan menyesalinya.

5. Venue Acara Direncanakan

Pernikahan dilakukan di gedung atau tenda tentu berbeda make up-nya dengan pernikahan digelar di outdoor. Konsep venue acara, pencahayaan, dan dekorasi juga sangat memengaruhinya.

Umumnya, bila venue pernikahan di gelar di tempat indoor maka make up digelar cenderung bold atau strong. Sementara bila digelar di outdoor lebih tipis karena sudah dibantu pencahayaan alami dari matahari.

Jasa MUA cukup baik tentunya harus bisa membedakan hal simpel semacam ini karena mereka paham betul bahwa pencahayaan mampu memengaruhi hasil dari make up telah dikerjakan. 

Harga Rias Pengantin dan Sewa Baju

harga rias pengantin

Setiap jasa rias dan MUA memiliki perbedaan dalam menentukan harga jasa layanannya. Akan tetapi, secara umum harga ditawarkan dibagi ke dalam beberapa kategori berikut ini:

A. Harga Rias Pengantin Modern & Hijab

model hijab pernikahan

Memang setiap perempuan pandai merias diri sendiri. Namun, untuk menghasilkan kualitas make up terbaik saat hari paling istimewa, tentunya butuh bantuan jasa seorang profesional dalam bidang ini.

Apalagi, jika ingin menggunakan make up modern selalu mengikuti perkembangan zaman, tentu harus merencanakan jasa rias jauh-jauh hari sebelum menikah. Berikut ini biayanikah akan memberikan informasi tentang estimasi harga bisa digunakan:

JenisHarga
Make Up Mempelai PerempuanRp 1.000.000 (1 kali)
Make Up Mempelai PriaRp 500.000 (1 kali)
Rias AkadRp 3.000.000
Rias Akad + ResepsiRp 5.000.000
Make Up Orang Tua & MertuaRp 350.000 (1 kali) per orang
Make up Bridesmaid / DomasRp 300.000 per orang

B. Harga Rias Pengantin Tradisional atau Adat

model baju pernikahan adat

Apabila ingin melangsungkan pernikahan adat, maka bisa menggunakan tata rias profesional memang punya kapabilitas dalam mendandani sesuai pakem dan tradisi ditentukan.

Setiap daerah memiliki tarif berbeda karena kelengkapan dibutuhkan berbeda pula. Namun berikut ini rincian lengkapnya:

JenisHarga
Paket Rias JawaRp 6.000.000
Paket Rias Jogja Paes AgengRp 6.500.000
Paket Rias Solo PutriRp 5.500.000
Paket Rias Solo KanigaranRp 7.000.000
Paket Rias Sunda SigerRp 5.500.000
Paket Rias SumateraRp 7.500.000

C. Harga Sewa Baju Pengantin

harga sewa baju pengantin

Biasanya, jasa rias juga sekaligus menyediakan baju pengantin lengkap bagi pria maupun wanita.

Memang, harga sewa tak beda jauh dengan harga menjahit sendiri, namun tentunya menyewa lebih praktis dan tidak perlu menunggu waktu lama untuk proses menjahitnya. Berikut harga sewa pakaian pengantin perlu diketahui:

JenisHarga
Beskap JawaRp 500.000
Kebaya PengantinRp 1.000.000
Kebaya PengiringRp 550.000
HairdoRp 300.000
SanggulRp 250.000
HijabRp 200.000
MahkotaRp 100.000
Bunga MelatiRp 100.000
Beskap Demang LengkapRp 500.000

Akhir Kata

Nah itu dia rincian harga rias pengantin dan sewa baju yang bisa kalian jadikan referensi apabila ingin menggelar pernikahan nantinya. semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar