Biaya Nikah Tanpa Resepsi 2024, Rincian dan Berapa!

Biaya Nikah Tanpa Resepsi – Orang-orang merencanakan pernikahan dalam waktu dekat bisa mencari tahu referensi rincian biaya nikah tanpa resepsi sederhana maupun hemat. Momen sekali seumur hidup menjadi impian bagi mempelai pria maupun wanita untuk membuat acara nikah lebih berkesan.

Bahkan tidak jarang yang lebih tertarik dengan acaranya adalah dari pihak orang tua masing-masing mempelai. Beberapa pasangan biasanya mendapatkan dukungan biaya pernikahan dari kedua belah pihak orang tua, beberapa pasangan lainnya juga menggunakan tabungan berdua sehingga kebutuhan nikah tercukupi.

Sama halnya nikah budget 5 juta atau 10 juta, pasti setelah menghitung rincian kebutuhan tidak cukup untuk acara resepsi. Meskipun tanpa resepsi, tapi acara nikah berkesan untuk kedua pasangan maupun keluarga besar.

Terkadang pasangan tidak memiliki banyak budget pernikahan akan melangsungkan acara nikah di rumah maupun KUA tanpa ada biaya alias gratis. Nah, bagi kamu sedang menghitung biaya nikah tanpa resepsi, www.biayanikah.com sudah merangkum rincian kebutuhan yang perlu dicatat.

Rincian Biaya Nikah Tanpa Resepsi Terbaru

Biaya Nikah Tanpa Resepsi terbaru
Source image: widyasty.com

Alokasi dana untuk biaya nikah nikah bisa digunakan untuk hal lebih penting lainnya jika kamu dan pasangan sepakat tanpa ada resepsi. Pilihan ini membuat kamu dan keluarga tidak terlalu repot karena orang yang terlibat lebih sedikit jika tanpa resepsi.

Sisi menarik lainnya ketika memutuskan hanya nikah tanpa resepsi adalah besaran biaya tentu lebih hemat. Ada beberapa hal wajib harus dibayarkan, namun tidak begitu memberatkan pasangan maupun orang tua, seperti:

1. Uang Mahar dan Cincin Nikah

Hal wajib pertama yang harus mempelai pria sediakan adalah mahar atau lebih dikenal sebagai mas kawin. Biasanya orang Indonesia menggunakan seperangkat alat sholat dan emas yang besarannya bisa disesuaikan dengan pasangan masing-masing.

Sebagai referensi, sekarang harga emas per gramnya untuk yang 18 karat sekitar 600 ribu sampai 900 ribu. Perlu dipahami bahwa cincin nikah berbeda dengan mahar, cincin nikah tidak termasuk mahar dan boleh saja ditiadakan jika memang mau.

2. Biaya Penghulu

Menikah tanpa resepsi dengan cara sederhana dengan tujuan hidup bersama dalam waktu lama dimulai ketika pencatatan sipil di KUA terjadi. Kamu harus mendaftarkan pernikahan ke KUA dengan membayar biaya 600 ribu maka penghulu akan datang ke lokasi pernikahan.

Namun, ada lagi biaya lebih hemat bahkan tanpa biaya sama sekali, yakni melaksanakan akad di kantor KUA. Jika mau melaksanakan akad di KUA, pastikan wali atau saksi sudah lengkap sehingga pelaksanaan akad bisa disahkan segera.

3. Catering

Sekalipun tidak ramai-ramai, namun biaya nikah tanpa resepsi juga biasanya melibatkan orang lain selain mempelai. Syarat wajibnya saja harus ada wali dan saksi, maka mereka yang membantu kelancaran acara membutuhkan makanan dari pemilik acaranya.

Nikah tanpa resepsi sekalipun bisa mendatangkan beberapa tamu undangan dengan jumlah terbatas. Ibaratkan saja tamu undangan ini berjumlah sekitar 15 orang dan biaya makan per orangnya sama dengan 25 ribu, maka catering membutuhkan 375 ribu.

4. Riasan dan Pakaian Pengantin

Tampil dengan riasan gaun pengantin dan setelan jas terbaik ketika hari penting merupakan pelengkap kebahagiaan. Agar tampil maksimal tentunya butuh peran jasa rias dengan dibayar 3 juta misalnya sudah dengan pakaian mempelai pria serta wanita.

Setiap jasa rias pengantin akad saja di berbagai daerah tentu memiliki standar harga berbeda, maka pastikan kamu juga berkonsultasi dengan jasa rias atau penyewaan pakaian pengantinnya. Menggunakan pakaian bagus serta layak di hari pernikahan akan membuat dokumentasi bagus.

5. Dokumentasi

Meskipun tanpa resepsi, dokumentasi baik berupa gambar maupun video wajib ada agar momen bahagia ini bisa dikenang dalam waktu lama. Akan menyenangkan ketika bisa menceritakan sejuta kisah di balik satu lembar foto kepada anak atau cucu di masa depan.

Harga dokumentasinya atau fotografer sendiri di setiap tempat berbeda, namun ambil contoh saja harganya seragam di 2 juta. Pastikan kamu mendapatkan cetakan fotonya dan menerima file gambar maupun video secara digital agar bisa disimpan di berbagai perangkat tanpa mencetak ulang.

6. Dekorasi Tempat Akad

Untuk nikah tanpa resepsi, mungkin tidak membutuhkan dekorasi. Namun setidaknya butuh spot foto untuk beberapa teman dan keluarga dekat telah datang langsung memberikan selamat kepada kedua mempelai.

Harga dekorasi ini tentunya beragam, semakin banyak uang keluar maka seharusnya semakin bagus dekorasinya. Mulai dari 500 ribu sampai 2 jutaan sudah bisa mendapatkan dekorasi terbaik yang tentunya sederhana, tetapi justru lebih intimate karena tamu undangannya terbatas.

7. Undangan

Terakhir, sekalipun tanpa resepsi, pasti kamu mengharapkan beberapa teman bisa hadir dan turut menjadi saksi. Bisa saja undangan disampaikan dari mulut ke mulut, namun akan terkesan tidak sopan sehingga undangan juga perlu dilakukan.

Sekarang ini sudah tersedia format undangan digital yang lagi-lagi lebih hemat biaya. Misalkan, cukup membayar 100 ribu saja kamu sudah bisa membagikan link undangan yang bisa dibagikan melalui broadcast message WhatsApp.

Setelah tahu rincian biaya nikah tanpa resepsi, pasti dari kamu masih bingung untuk mencatat di buku tentang kebutuhan acara pernikahan. Untuk memudahkan kamu mencatat, kami berikan tabel biaya nikah tanpa resepsi di bawah ini.

KeteranganBiaya
Uang Mahar atau Cincin KawinRp 600.000
Biaya Undang PenghuluRp 600.000
CateringRp 375.000
Rias pengantinRp 3.000.000
DokumentasiRp 2.000.000
Dekorasi minimalisRp 500.000
UndanganRp 100.000
Total BiayaRp 7.175.000

Artis yang Hanya Lakukan Akad Nikah

Artis yang Hanya Lakukan Akad Nikah
Source image: popbela.com

Tren menikah tanpa melakukan resepsi sama sekali makin mencuat ketika pandemi covid melanda seluruh dunia. Kebijakan pemerintah menerapkan lock down berdampak pada banyak hal, salah satunya pelaksanaan pesta megah, seperti resepsi pernikahan.

Masyarakat Indonesia yang memiliki rencana pernikahan tentu melakukan berbagai cara untuk tetap melaksanakan hajatnya. Muncullah tren menikah tanpa resepsi yang tidak sedikit diapresiasi generasi muda saat ini.

Sepasang kekasih pernah menggemparkan dunia media sosial ketika memutuskan menikah dengan sangat sederhana di KUA. Bahkan kedua orang ini hanya menggunakan pakaian rapi berwarna coklat muda untuk melaksanakan semua syarat wajibnya.

Menekan biaya untuk melaksanakan pernikahan bukanlah hal buruk, justru menjadi sesuatu yang baik dan harus ditiru. Daripada selepas pesta berutang sana-sini mak alangkah baiknya untuk lebih bijaksana lagi dalam mengelola keuangan.

Artis Indonesia sejak zaman dulu tidak sedikit yang melaksanakan pernikahan tanpa adanya resepsi. Contoh legendaris adalah pasangan Armand Maulana beserta istrinya, dimana Armand dan istrinya sampai sekarang selalu rukun serta mampu membangun rumah tangga dengan baik.

Eros Candra juga termasuk salah satu tokoh ternama yang memutuskan nikah sederhana tanpa resepsi. Selain Armand dan Eros, Ria Irawan juga melakukan pernikahan sipil biasa tanpa melaksanakan resepsi.

Bella Shofie adalah contoh lainnya yang hanya melaksanakan pernikahan di KUA. Trend nikah tanpa resepsi sudah lama dilakukan, namun orang Indonesia kebanyakan menganggap jika nikah tanpa pesta maka dikira pengantin wanitanya hamil duluan.

Contoh terbaru atau paling sesuai dengan anak muda adalah pernikahannya Vebby Palwinta. Vebby telah menikah dengan Razi Bawazier pada April 2020 dengan mas kawin sebesar 500 dinar tanpa pesta resepsi besar-besaran.

Jika melihat nama-nama besar di atas maka asumsi menikah tanpa resepsi itu tidak modal ternyata tidak sepenuhnya benar. Hanya melaksanakan pernikahan di KUA justru membuat segala sesuatunya menjadi lebih praktis dan mudah.

Resepsi Adalah Kebiasaan, Bukan Keharusan

Resepsi Adalah Kebiasaan, Bukan Keharusan
Source image: medium.com

Nikah tanpa resepsi dengan gaya lebih sederhana mampu memberikan dampak positif terhadap berbagai aspek. Salah satu yang paling nyata adalah kondisi ekonomi setelah menikah lebih baik serta mapan, namun berbagai asumsi nikah tanpa resepsi di Indonesia ini kerap ditentang.

Budaya melaksanakan hajatan besar di Indonesia sudah begitu mengakar, sampai jika tidak dilaksanakan maka banyak isu negatif bertebaran. Kebiasaan orang Indonesia berkumpul mengobrol sana-sini bisa menjadi pemicu terjadinya gosip, terutama pada perempuan.

Selain tetangga atau teman-teman serta rekan kerja yang memerlukan penjelasan, keluarga besar bahkan orang tua sendiri juga ada kalanya tidak sepaham. Bisa saja mempelai sepakat tanpa mengadakan resepsi, namun pihak keluarga besar mendorong untuk lakukan hajatan.

Apabila kondisinya seperti ini maka tidak ada hal lain yang bisa memberikan pemahaman kecuali komunikasi. Nantinya dari komunikasi tersebut bisa ditarik kesimpulan atau jalan tengah yang memberikan kenyamanan untuk semua pihak, baik mempelai juga keluarga.

Ketika ada perbedaan pendapat di keluarga, misal mempelai ingin akad saja, tetapi keluarga ingin ada pesta, maka adakan saja perayaan kecil-kecilan. Undang sekitar 10 orang teman terdekat untuk makan bersama atau menikmati malam dengan serangkaian acara seru.

Solusi ini selain menjadi jalan tengah untuk pihak yang tidak sependapat, juga memberikan kenyamanan lebih karena kesan intimate lebih bisa dirasakan. Hitungannya tetap lebih hemat dibandingkan sewa gedung ratusan juta untuk acara dua atau tiga jam saja.

Tips Nikah Tanpa Resepsi

Tips Nikah Tanpa Resepsi
Source image: allianz.co.id

Bicara soal perayaan kecil-kecilan, ada beberapa referensi pengganti acara resepsi yang bisa kamu tiru. Referensi berikut akan membuat kamu lebih sedikit mengeluarkan uang:

1. Membagikan Berkat ke Tetangga

Pelaksanaan pernikahan tanpa acara yang heboh terkadang membuat tetangga tidak mengetahui di rumah kamu sedang akad. Trik membagikan berkat ini berguna untuk menyebar informasi sekaligus meminta doa restu dari banyak orang.

2. Melaksanakan Syukuran Sederhana

Melaksanakan syukuran sederhana juga bisa menjadi alternatif lain demi menggantikan resepsi. Syukuran bisa digelar di rumah dengan mengundang tetangga dan penceramah dengan durasi satu atau dua jam saja.

3. Acara hanya untuk Keluarga

Apabila ingin acara lebih intimate maka bisa buat perayaan hanya untuk keluarga besar dari kedua pihak saja. Namun, ketika memilih cara ini maka pastikan kamu sudah memberikan pengertian kepada teman-teman agar tidak terjadi kesalahpahaman.

4. Undang Teman yang Dekat Saja

Bisa juga dengan menyebarkan undangan, tetapi hanya kepada yang dekat saja. Semakin dewasa biasanya circle pertemanan lebih mengerucut. Kamu bisa membuktikan berapa banyak temanmu ketika kamu melaksanakan pernikahan secara privat.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah nikah itu murah di Indonesia, bahkan bisa sampai gratis jika ingin melaksanakannya di kantor KUA tanpa resepsi. Pernikahan tanpa resepsi ini bukan berarti tanpa biaya sama sekali, namun jadi lebih hemat saja sehingga dana bisa dialokasikan untuk kepentingan lain.

Kemampuan berkomunikasi yang baik bisa mematahkan stigma masyarakat bahwa menikah tanpa resepsi. Sebab akan lebih baik menikah sederhana, tetapi setelahnya bisa menjalani kehidupan dengan layak serta mapan.

Dibandingkan melaksanakan pesta mewah sekali seumur hidup, namun setelah itu utang menghantui. Intinya, nikah itu murah, hanya acara resepsi saja yang membuat pernikahan jadi terkesan mahal atau rumit.

Kami menyebutkan beberapa biaya untuk melaksanakan pernikahan tanpa resepsi. Namun, untuk memastikan berapa tepatnya biaya nikah tanpa resepsi di tempat kamu maka butuh konsultasi tepat dengan ahlinya

Tinggalkan komentar