Biaya Intimate Wedding Paket Termurah 2024

Biaya intimate wedding Biaya intimate wedding menjadi kata kunci yang banyak dicari oleh pasangan hendak menikah pada beberapa tahun belakangan ini. Pasalnya, intimate wedding merupakan konsep pernikahan semakin populer sejak masa pandemi tahun lalu.

Selain populer, konsep pernikahan intimate wedding sendiri juga tidak memakan banyak budget, lho. Karena intimate wedding digelar pada gedung pernikahan maupun nikah di rumah dengan suasana lebih intim serta harga paket tidak terlalu mahal. Sehingga tidak jauh beda dengan nikah tanpa resepsi.

Intimate wedding adalah acara pernikahan dengan skala lebih kecil namun tetap bersifat sakral selayaknya pernikahan pada umumnya. Untuk itu, ada perbedaan antara intimate dan resepsi yang mengakibatkan beberapa pasangan bingung.

Biasanya intimate wedding hanya mengundang keluarga inti dan kerabat terdekat saja. Dengan jumlah tamu undangan sekitar 30-80 orang, suasana pernikahan intimate wedding bisa menjadi lebih hangat serta tidak mengurangi kesakralan acara, lho. Untuk informasi harga paket atau rincian biaya intimate wedding lebih lengkapnya, bisa simak pembahasan di bawah ini.

Harga Paket Intimate Wedding Termurah

Harga Paket Intimate Wedding
Source image: baliweddingbridal.com

Bagi kamu yang ingin menyelenggarakan pernikahan dengan konsep lebih intim atau hemat budget, maka intimate wedding adalah pilihan tepat. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas kisaran biaya terbaru sangat diperlukan untuk menyelenggarakan intimate wedding.

Lantas, pernikahan intimate butuh budget berapa? Secara umum, harga paket intimate wedding biasanya memerlukan kisaran biaya mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 35 juta ke atas. Namun perlu diingat, kisaran biaya ini tergantung dengan kebutuhan dan jumlah tamu kamu undang.

Biasanya dalam satu paket intimate wedding sudah termasuk rias pengantin, catering, dekorasi dan dokumentasi pernikahan. Nantinya kamu hanya perlu memilih paket intimate wedding sesuai dengan kebutuhanmu sendiri.

Berikut ini adalah kisaran harga paket intimate wedding serta barang sudah include.

1. Budget Rp 5 Juta

Jika kamu menginginkan konsep intimate wedding yang sederhana namun tetap terkesan istimewa, kamu bisa mempertimbangkan paket intimate wedding dengan budget kisaran Rp 5 juta ini. Berikut ini adalah rincian yang bisa kamu dapat dengan harga intimate wedding 5 juta tersebut.

  • Akad nikah KUA
  • Dekorasi
  • Katering
  • 30 pax
  • Wedding venue
  • Tata rias dan busana

Selain barang include didapatkan dari paket di atas, maka kamu perlu menyiapkannya sendiri. Misalnya seperti undangan, souvenir, dokumentasi acara serta lain-lain.

2. Budget Rp 10 juta

Berikut ini adalah rincian harga paket intimate wedding dengan budget 10 juta.

  • Akad nikah KUA
  • Dekorasi
  • Katering
  • 100 pax
  • Wedding venue
  • Tata rias dan busana

Sama seperti paket sebelumnya, kamu serta pasangan harus menyiapkan kebutuhan lainnya secara mandiri. Sebab harga tersebut belum termasuk undangan, souvenir, hiburan, dokumentasi serta lain sebagainya.

3. Budget Rp 20 juta

Jika memiliki budget lebih dan ingin mengundang lebih banyak kerabat, maka berikut ini adalah rincian paket intimate wedding seharga 20 juta.

  • Akad nikah KUA
  • Undangan
  • Souvenir
  • Dekorasi
  • Katering
  • 150 pax
  • Wedding venue
  • Tata rias atau busana
  • Dokumentasi acara

Dengan budget Rp 20 juta, kamu sudah mendapatkan hampir seluruh kebutuhan intimate wedding secara lengkap. Jadi budget lainnya bisa dialokasikan untuk kebutuhan pasca menikah.

4. Budget Rp 35 Juta

Namun jika kamu ingin momen pernikahan intimate wedding kamu tetap terkesan mewah meskipun tidak mengundang banyak tamu, maka budget Rp 35 juta sudah cukup untuk mewujudkannya. Kurang lebih seperti berikut rincian paket intimate wedding budget 35 juta.

  • Akad nikah KUA
  • Undangan
  • Souvenir
  • Dekorasi
  • Katering
  • 200 pax
  • Wedding venue
  • Tata rias atau busana
  • Dokumentasi acara
  • Hiburan dan pengisi acara

Acara pernikahanmu bisa tetap terkesan intim dan mewah meskipun hanya memakan budget yang bisa dibilang murah. Kesakralan pernikahan tidak berkurang bahkan lebih terkesan hangat dengan orang-orang terdekat, jadi tidak perlu menghabiskan biaya hingga ratusan juta.

Rincian Biaya Intimate Wedding Terlengkap

Rincian Biaya Intimate Wedding
Source image: bridestory.com

Walaupun disebut sebagai acara pernikahan sederhana, namun kamu tetap harus memiliki perencanaan biaya. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan budget yang diperlukan untuk segala kebutuhan selama acara pernikahan.

Berikut ini adalah beberapa ide dalam perencanaan atau rincian dari budget intimate wedding sederhana, baik pelaksanaan di rumah maupun gedung.

1. Biaya Cincin

Hal pertama yang harus kamu pikirkan adalah budget untuk cincin pernikahan. Pasalnya, cincin pernikahan adalah lambang yang mengikat janji suci dan akan digunakan seumur hidup.

Oleh sebab itu, usahakan untuk memilih cincin pernikahan dengan kualitas terbaik. Agar budget lebih terkontrol, bersama pasangan bisa mempertimbangkan untuk membeli cincin pernikahan berbahan perak atau palladium.

Namun, jika kamu ingin membeli cincin nikah berbahan emas, maka pilihlah cincin emas dengan berat tidak lebih dari 5 gram. Dengan demikian kamu bisa menghemat biaya untuk dialokasikan ke kebutuhan lainnya.

2. Biaya Mahar

Biasanya tidak semua paket intimate wedding menyediakan mahar atau mas kawin, jadi untuk berjaga-jaga kamu harus merencanakan biaya untuk mahar secara terpisah. Secara umum, mahar diberikan oleh mempelai pria pada mempelai wanita berupa emas, seperangkat alat ibadah, hingga uang tunai.

Mahar sendiri biasanya mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, sehingga harus merencanakannya secara matang. Kamu bisa membuat perencanaan biaya mahar secara terpisah agar tidak mengganggu biaya untuk keperluan pernikahan lainnya.

3. Biaya Penghulu

Setelah menyiapkan kedua hal di atas, maka berikutnya kamu perlu mempertimbangkan biaya penghulu. Sebenarnya akad nikah di KUA sendiri tidak dikenakan biaya jika dilakukan di kantor KUA pada hari kerja yakni Senin sampai Jumat.

Namun jika kamu dan pasangan ingin menyelenggarakan akad nikah di luar kantor KUA atau pada hari libur, maka akan dikenakan biaya administrasi kurang lebih Rp 600 ribu. Oleh sebab itu, jika sudah sepakat dalam mempertimbangkan hari pernikahan atau venue intimate wedding maka administrasi KUA juga harus masuk dalam perencanaan biaya.

4. Biaya Sewa Venue dan Dekorasi

Sama seperti mahar, sewa gedung atau venue dan dekorasi juga tidak selalu termasuk dalam paket intimate wedding. Maka dari itu akan lebih baik jika kamu memasukannya ke dalam list perencanaan biaya pernikahan intimate wedding.

Biaya untuk sewa gedung dan dekorasi menjadi pengeluaran paling besar dalam hal ini. Selain itu, anggarannya harus direncanakan secara matang sejak jauh-jauh hari.

Bersama pasangan bisa mempertimbangkan kapasitas tamu undangan terlebih dahulu sebelum melakukan survei untuk mencari venue pernikahan intimate wedding yang sesuai. lakukan juga survei ke banyak dekorasi vendor untuk menemukan harga terbaik.

Perlu diingat, untuk menghindari kenaikan harga sewa gedung intimate wedding maka lebih baik lakukan pemesanan tempat 6 sampai 2 bulan sebelum acara wedding digelar. Atau jika ingin lebih hemat, kamu bisa jadikan restoran atau café dengan halaman outdoor sebagai tempat acara.

5. Biaya Katering

Perencanaan lain yang juga harus dipikirkan dengan matang adalah biaya katering. Pastinya kamu tidak ingin tamu undangan yang hadir merasa kelaparan di hari bahagiamu, kan?

Untuk perencanaan biaya katering, kamu juga bisa melakukan survei ke banyak vendor katering untuk menemukan menu terbaik dengan harga yang sesuai dengan budget. Biasanya vendor katering menawarkan harga mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 100.000 per porsi.

Atau jika ingin lebih murah, kamu bisa menggunakan budget katering ini untuk masak sendiri jika acara pernikahan intimate wedding diadakan di rumah. Pastinya hal ini akan menekan biaya pengeluaran untuk katering.

Selain itu, perlu diingat bahwa jumlah tamu undangan juga mempengaruhi budget katering yang diperlukan. Jadi pastikan untuk memasukannya ke dalam list perencanaan biaya, ya.

6. Biaya Undangan dan Souvenir

Undangan fisik tampaknya sudah jarang digunakan beberapa tahun terakhir, selain menambah limbah kertas undangan fisik juga mengeluarkan biaya yang lumayan besar. Dalam hal ini kamu bisa menjadikan undangan digital sebagai pilihan tepat.

Selain lebih praktis, undangan digital juga lebih kekinian atau juga terjangkau jika dibandingkan dengan undangan fisik. Jadi kamu bisa mengalokasikan biaya untuk kebutuhan pernikahan lainnya.

Sedangkan untuk souvenir, kamu bisa melakukan survei ke banyak vendor untuk menemukan souvenir yang murah namun tetap berkesan untuk para tamu undangan. Atau kamu juga bisa membuat souvenir pernikahanmu sendiri bertemakan homemade.

7. Biaya Tata Rias dan Busana

Tidak kalah penting berikutnya adalah biaya tata rias atau busana pernikahan. Tentunya kamu dan pasangan harus tampil paripurna di hari bahagia nan sakral ini, kan?

Jadi biaya tata rias atau busana harus dipertimbangkan dengan matang. Jika menurutmu membuat jas atau gaun pernikahan sendiri terlalu mengeluarkan banyak biaya, maka kamu bisa menyewa saja.

Biasanya biaya sewa baju pernikahan dipatok mulai dari Rp 1 juta hingga puluhan juta tergantung dengan model serta lama jangka sewanya. Agar budget tetap terkontrol, pastikan untuk memilih baju pernikahan yang sesuai dengan anggaran yang telah direncanakan.

Sedangkan untuk tata rias atau makeup, kamu bisa memesan jasa MUA untuk merias wajahmu di hari bahagia ini. Atau alternatif lainnya yakni mengandalkan kemampuanmu sendiri atau meminta bantuan teman yang jago makeup.

8. Biaya Dokumentasi

Apakah kamu ingin hari bahagiamu yang hanya terjadi sekali seumur hidup ini dilewatkan begitu saja tanpa menyimpan kenangan? Pastinya sangat disayangkan bukan jika pernikahan dilakukan tanpa adanya dokumentasi acara.

Agar momen tersebut bisa terus dikenang, kamu bisa memasukan biaya dokumentasi pada list perencanaan biaya pernikahanmu. Kamu perlu budget untuk menyewa jasa fotografer maupun videografer untuk mendokumentasikan prosesi acara intimate wedding.

Sekarang ini sudah banyak jasa fotografer dan videografer yang menawarkan paket wedding dengan harga yang terjangkau. Dengan kisaran Rp 3 juta ke atas, kamu sudah bisa mengabadikan momen pernikahanmu berupa foto atau video mulai dari prewedding hingga resepsi pernikahan.

Kesimpulan

Jadi itulah tadi kisaran biaya hingga tips perencanaan budget pernikahan yang bisa kamu jadikan sebagai referensi intimate wedding impianmu. Namun perlu diingat bahwa biaya mungkin bisa berbeda-beda tergantung dengan kebutuhan atau jumlah undangan.

Bahkan dalam beberapa wilayah, jasa sewa gedung atau venue untun intimate wedding bisa lebih mahal. Oleh sebab itu kamu harus merencanakan biaya dengan tepat, jika perlu lakukan survei ke banyak vendor agar bisa memperkirakan dana dibutuhkan.

Selain itu, siapkan juga biaya tak terduga untuk berjaga-jaga bila saja ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan rencana. Diskusikan biaya intimate wedding bersama pasangan agar tetap sejalan atau tidak ada pengeluaran di luar budget yang dapat membebani satu sama lain.

Tinggalkan komentar