Biaya Pernikahan Adat Manado 2024, Sejarah dan Acara

Pernikahan adat Manado membuat menarik perhatian banyak calon pasutri yang kaya akan kearifan lokal dan tradisi. Namun, calon pasutri harus ketahui rincian biaya pernikahan adat Manado yang mencakup semua kebutuhan.

Calon pasutri yang ingin melangsungkan acara pernikahan adat Manado lebih cenderung mempersiapkan anggaran biaya lebih besar. Menurut sejarah, pernikahan adat Manado adalah momen sakral dengan keindahan dan kekayaan budaya.

Terlebih lagi adanya perkembangan jaman, pernikahan adat Manado terus berkembang dengan menggabungkan kearifan lokal dan elemen modern. Seperti dekorasi, rias pengantin, hiburan pernikahan dan lain sebagainya.

Sebelum melangsungkan acara pernikahan Manado, alangkah baiknya ketahui rincian biaya yang dibutuhkan. Dengan begitu, kami sudah merangkum rincian biaya pernikahan adat Manado. Simak dan ikuti artikel ini dari awal hingga akhir.

Sejarah Pernikahan Adat Manado

Sejarah pernikahan adat Manado
Source image: pernikahan.or.id

Kota Manado adalah ibu kota dari provinsi Sulawesi Utara dan sering dikenal sebagai Menado oleh masyarakat sekitar maupun pendatang. Selain itu, kota Manado terkenal dengan adat pernikahan yang sangat unik hingga sampai saat ini tetap lestari.

Perlu diketahui bahwa pernikahan adat Manado memiliki sejarah cukup panjang dan kaya dengan kearifan lokalnya. Upacara atau tradisi acara pernikahan adat Manado akan melibatkan banyak orang dan diadakan selama beberapa hari sekitar 3 hari sampai 1 minggu.

Pernikahan adat Manado mencerminkan keragaman budaya dan tradisi masyarakat wilayah Minahasa. Adapun beberapa upacara pernikahan adat Manado yang harus dilakukan, seperti lumelek, bacoho dan lain sebagainya.

Dari beberapa upacara pernikahan adat Manado tersebut memiliki simbol, salah satunya yaitu hubungan rumah tangga akan berjalan dengan harmonis. Selain itu, semua pelaksanaan upacara adat pernikahan Manado dilakukan dalam satu hari saja.

Mulai dari pagi hari memandikan pengantin, merias wajah, memakai busana pengantin dan lain sebagainya. Kemudian, di siang hari kedua calon pengantin akan mendatangi kantor KUA atau pemberkatan gereja untuk melangsungkan ijab kabul yang sah menurut agama maupun pemerintah.

Setelah ijab kabul telah selesai, maka dilakukan upacara pernikahan diikuti oleh kedua pengantin, keluarga besar dan para tamu undangan. Lantas apa saja susunan acara pernikahan adat Manado? Simak terus pembahasan di bawah ini.

Biaya Pernikahan Adat Manado

rincian Biaya pernikahan adat manado
Source image: indramayu.pikiran-rakyat.com

Sebelum tahu susunan acara, alangkah baiknya kamu ketahui rincian biaya pernikahan adat Manado. Perlu diketahui bahwa pernikahan adat Manado masuk di kategori pernikahan se Indonesia termahal. Sehingga calon pengantin pria maupun perempuan harus mempersiapkan biaya tidak sedikit.

Namun, biaya pernikahan adat Manado bisa bervariasi tergantung pada kebutuhan atau pilihan pribadi masing-masing pasangan. Ketika ingin sederhana, maka biaya yang dikeluarkan akan sedikit. Jika kamu tidak sabar ingin tahu berapa biaya pernikahan adat Manado, berikut kami berikan tabel rincian di bawah ini.

RincianBiaya
MaharRp 10.000.000 (Tergantung kesepakatan)
PerhiasanRp 10.000.000 (satu set)
Baju pengantinRp 5.000.000 (bisa sewa)
DekorasiRp 8.000.000
CateringRp 15.000.000
DokumentasiRp 10.000.000
HiburanRp 10.000.000
UndanganRp 3.000.000
Rias pengantinRp 8.000.000
TransportasiRp 5.000.000
SouvenirRp 6.000.000
Biaya lain-lainRp 10.000.000
Total BiayaRp 100.000.000

Biaya di atas adalah hanyalah perkiraan saja dan dapat berubah-ubah tergantung kesepakatan kedua pihak keluarga maupun kebutuhan. Jika ingin sederhana dapat memilih biaya nikah 10 juta, 20 juta dan 30 juta dengan dekorasi minimalis serta jumlah tamu undangan terbatas.

Susunan Acara Pernikahan Adat Manado

Susunan acara pernikahan adat Manado
Source image: bridestory.com

Ketika kamu mengikuti pembahasan dari awal, mungkin sekilas akan tahu beberapa susunan acara pernikahan adat Manado. Apalagi, biaya pernikahan adat Manado terkenal dengan super mahal sehingga harus memahami beberapa upacara adat supaya dapat berjalan dengan baik.

Pada umumnya, pernikahan yang menggunakan adat Manado harus mengikuti beberapa upacara atau susunan acara seperti Bacoho maupun Lumelek. Untuk lebih jelasnya, bisa simak pembahasan di bawah ini tentang susunan acara pernikahan adat Manado.

1. Bacoho atau Mandi Adat

Ketika pengantin mandi biasa dengan membersihkan seluruh badan dengan sabun mandi lalu mencuci rambut seperti shampo dan lain sebagainya. Kemudian, melakukan pencucian rambut bacoho baik secara tradisional atau hanya sebagai simbolis saja.

Secara umum, upacara pernikahan adat Manado yaitu Bacoho menggunakan bahan tradisional seperti lemong nipis atau lemong bacoho. Nantinya, upacara adat Manado ini akan disaksikan oleh kedua pihak keluarga besar pengantin.

2. Lumelek

Selanjutnya di lanjutkan upacara Lumelek, di mana kedua pengantin akan di siram menggunakan air yang diberikan bunga-bunga berwarna putih dengan jumlah 9 jenis bunga. Pastinya, dari 9 jenis bunga tersebut memiliki aroma bau yang wangi.

Untuk alat penyiraman menggunakan gayung biasa dan dilakukan sebanyak 9 kali. Ketika pengantin perempuan sudah selesai, maka dilanjutkan oleh pengantin laki-laki.

3. Upacara Pernikahan

Susunan acara pernikahan adat Manado yang terakhir yaitu upacara pernikahan, di mana bisa dilakukan di rumah pengantin laki-laki maupun perempuan. Untuk proses upacara pernikahan bukan hanya dilakukan di rumah, melainkan bisa di gedung maupun gereja.

Selain itu, ijab kabul dapat dilakukan dengan cara mendatangi kantor KUA maupun mengundang petugas KUA. Semuanya tergantung dari agama masing-masing dan kebutuhan biaya.

Contoh Proses Upacara Pernikahan Adat Manado

Contoh proses pernikahan adat Manado
Source image: jejakpublik.com

Setelah tahu sejarah, biaya dan susunan acara pernikahan adat Manado, pastinya ada dari kamu bingung bagaimana rundown acara kalau ingin menyelesaikan upacara adat dalam waktu satu hari. Pertanyaan tersebut sering di tanyakan oleh calon pengantin yang baru melangsungkan acara pernikahan adat Manado.

Padahal, menyelesaikan upacara adat Manado dalam waktu 1 hari adalah hal biasa serta dapat di atur dengan mudah. Jika ingin tahu contoh proses upacara pernikahan adat Manado, simak pembahasan di bawah ini.

  • Jam 09.00 (Pagi)

Pengantin laki-laki akan ke rumah pengantin perempuan sambil membawa hantaran, seperti mas kawin, makanan matang, buah-buahan dan beberapa helai kain sebagai simbolis saja. Nantinya, wali pihak laki-laki akan memimpin rombongan dengan mengetuk pintu rumah pengantin perempuan sebanyak 3 kali.

Tiga ketuk lalu di buka oleh wali pihak perempuan, lalu berbincang menggunakan bahasa daerah Minahasa atau Manado. Selanjutnya, pengantin laki-laki akan mengetuk pintu kamar perempuan. Nantinya, pengantin perempuan akan keluar dari kamarnya lalu di adakanlah jamuan makanan kecil untuk bersiap pergi ke Gereja.

  • Jam 11.00 – 14.00 (Siang)

Melangsungkan acara akad nikah adat Manado dilakukan secara negara dengan mendatangkan petugas ke Gereja. Selain itu, para saksi kedua pihak harus lengkap dengan tanda pengenal seperti KTP serta harus ikut hadir.

  • Jam 19.00 (Malam)

Pada jam 7 malam akan dilaksanakan acara resep yang dilakukan di rumah maupun gedung hotel. Apabila pihak keluarga pengantin melaksanakan upacara adat pernikahan adat Manado ini, ada beberapa pentas seni khas Minahasa yang akan ditampilkan.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan bahwa total biaya pernikahan adat Manado yaitu kurang lebih 100 juta, namun biaya tersebut dapat disesuaikan dari kebutuhan atau kesepakatan kedua pihak keluarga. Dari rincian biaya di atas sudah termasuk mahar, dekorasi, rias pengantin dan lain sebagainya.

Demikian informasi yang dapat disampaikan dari biayanikah.com terkait biaya pernikahan adat Manado. Semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat untuk kamu yang ingin melangsungkan pernikahan dengan adat Manado.

Tinggalkan komentar