13 Pernikahan Adat Betawi Modern, Gambar dan Foto

Pernikahan Adat Betawi Modern – Berkembangnya jaman, banyak calon pasangan pengantin ingin mengkombinasi baju adat Betawi dengan konsep pernikahan modern. Hal ini tidak menjadi masalah sehingga pasangan bisa mencari inspirasi pernikahan adat Betawi modern.

Memikirkan tema pernikahan adat Betawi modern harus dipikirkan dan disepakati antara kedua pihak. Contohnya saja pemilihan warna atau desain baju Betawi modern hijab supaya terlihat modern.

Dengan memadukan tema pernikahan tradisional dan modern membuat acara resepsi semakin mewah serta meriah. Terlebih lagi, kini banyak baju pengantin Betawi modern yang bisa dijadikan contoh.

Kendati modern, tapi aksesoris baju tradisional adat Betawi tidak lupa untuk dipasang. Apabila kamu sedang mencari inspirasi pernikahan adat Betawi Modern, silahkan simak dan ikuti terus pembahasan di bawah ini.

Pernikahan Adat Betawi Modern

Pernikahan adat Betawi adalah kebanggaan masyarakat yang berlokasi di area Jabodetabek dan sekitarnya. Tidak hanya di daerah tersebut, tapi banyak masyarakat Indonesia ingin menggunakan konsep pernikahan adat Betawi.

Meskipun terbilang adat tradisional, tapi kebanyakan calon pasangan pengantin ingin menggabungkan dengan konsep modern. Terlebih lagi banyak tempat rias pengantin yang memberikan referensi busana atau baju nikah tradisional modern.

Baju pengantin adat Betawi identik dengan warna cerah yang dihiasi oleh beragam aksesoris untuk menambah aura kecantikan serta memiliki makna tersendiri. Oleh karena itu, di saat memilih pernikahan adat Betawi modern ada banyak aksesoris baju yang harus dikenakan oleh perempuan maupun laki-laki.

Tidak hanya tentang baju, tapi dekorasi dan susunan acara bisa menggunakan konsep modern tanpa ada biaya tambahan. Karena nantinya akan dibantu oleh pihak wedding organizer yang mengatur acara pernikahan adat Betawi menjadi modern.

Memiliki niat melangsungkan acara pernikahan adat Betawi modern tapi belum punya inspirasi? Berikut kami berikan inspirasi yang paling mewah.

1. Gaun Warna Orange

gaun orange pernikahan adat betawi modern

Salah satu konsep baju pernikahan Betawi modern yaitu memakai gaun hijab berwarna orange. Meksipun warna orange, tapi baju ini cocok sekali untuk acara resepsi karena memiliki desain modern serta mewah.

2. Gaun Panjang Warna Gold

Gaun Panjang Warna Gold betawi

Secara umum kebanyakan pengantin dari adat Betawi menggunakan baju berwarna gold atau emas seperti gambar di atas. Supaya tampak modern kamu bisa menambahkan aksesoris seperti siangko lebih besar.

3. Gaun Panjang Warna Merah

baju resepsi adat betawi Gaun Panjang Warna Merah

Seluruh pengantin Betawi bisa memilih warna baju atau gaun sesuai keinginan masing-masing. Contohnya saja warna merah yang merupakan pilihan paling dominan untuk acara resepsi pernikahan. Supaya terlihat modern tambahkan aksesoris mewah.

4. Gaun Panjang Warna Putih Cadar

baju resepsi adat betawi Gaun Panjang Warna Putih Cadar Gold

Apabila melangsungkan acara resepsi atau akad nikah di gedung pada wilayah Jabodetabek pasti ingin menggunakan busana modern. Untuk kamu yang berada suku Betawi, mungkin bisa menggunakan busana seperti gambar di atas.

Kendati ada aksesoris tradisional, tapi bisa terlihat modern apabila menggunakan warna yang cerah.

5. Kebaya Panjang Warna Putih Hiasan Burung Hong

baju resepsi adat betawi Kebaya Panjang Warna Putih Hiasan Burung Hong

Salah satu model baju pernikahan Betawi modern paling digemari oleh banyak pengantin yaitu kebaya panjang warna putih dengan hiasan siangko burung Hong. Meskipun tampak modern, tapi aura tradisional masih ada.

6. Kebaya Panjang Warna Silver Perhiasan Mewah

Kebaya Panjang Warna Silver siangko Mewah

Selain warna putih, tapi ada juga kebaya panjang warna silver dengan aksesoris perhiasan mewah. Terlihat pada gambar di atas ada beberapa tambahan aksesoris seperti melatih, siangko burung Hong atau pernak pernik yang ada di kebaya.

7. Kebaya Betawi Hijab Siangko Emas

baju resepsi adat betawi Kebaya hijab Siangko Emas

Salah satu busana adat Betawi hijab modern dengan menambahkan siangko berwarna emas atau gold. Dengan menggunakan warna siangko emas busana bisa terlihat mewah di mata para tamu undangan.

8. Kebaya Siangko Modern

baju resepsi adat betawi modern

Ada berbagai macam model siangko Betawi modern dengan warna lebih mewah, contohnya gambar di atas yang bisa dijadikan inspirasi. Supaya terlihat modern, kebaya atau gaun menggunakan yang lengkap dengan pernak pernik.

9. Kebaya Full Warna Gold

baju resepsi adat betawi Full Warna Gold

Apabila baju Betawi ingin terlihat modern dan warna mencolok mungkin bisa gunakan baju pada gambar di atas. Karena gambar dari baju Betawi di atas menggunakan siangko cadar full warna gold. Meskipun di acara resepsi di rumah, tapi bisa terlihat modern.

10. Kebaya Warna Gold dan Hitam

baju resepsi adat betawi Warna Gold dan Hitam

Apabila ingin tampak modern tapi sederhana, mungkin pengantin laki-laki menggunakan jas berwarna hitam seperti gambar di atas. Untuk perempuan bisa menggunakan kebaya putih dengan siangko tidak terlalu besar. Terpenting adalah pemilihan warna harus menarik.

11. Kebaya Panjang Hiasan Siangko Besar

Kebaya Panjang Hiasan Siangko Besar

Di baju Betawi dengan siangko besar menandakan bahwa konsep pernikahan terbilang modern serta mewah. Jika ini yang diharapkan kamu, mungkin bisa melihat gambar di atas. Supaya lebih matang, mungkin bisa konsultasi kepada rias pengantin.

12. Kebaya Panjang Warna Merah dan Hitam

Kebaya Panjang Warna Merah dan Hitam

Kebaya panjang warna merah dan hitam bisa dijadikan inspirasi busana pernikahan Betawi modern. Akan tetapi pengantin harus menyesuaikan konsep dekorasi pernikahan, sehingga tidak terlalu banyak warna.

13. Jubah Islami Modern Warna Biru

baju betawi Jubah Islami Modern Warna Biru

Secara umum pernikahan adat Betawi untuk pihak laki-laki akan mengenakan baju seperti jubah, sedangkan perempuan kebaya. Supaya terlihat modern, mungkin bisa mengenakan jubah seperti gambar di atas yang berwarna biru.

Tips Melaksanakan Pernikahan Adat Betawi Modern

Tidak semua calon pasangan pengantin tahu bagaimana cara melaksanakan pernikahan adat Betawi modern agar terlihat mewah. Kendati begitu, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan contohnya baju, konsep atau lain sebagainya.

Hal tersebut harus dipikirkan jauh-jauh hari sebelum acara pernikahan berlangsung. Apabila kamu masih bimbang atau ragu, silahkan ikuti tips di bawah ini.

  • Tips pertama yaitu tentukan konsep pernikahan Betawi modern mulai dari warna dekorasi, hiburan, tempat, susunan acara serta lain sebagainya. Pastikan seluruhnya dipertimbangkan berdasarkan budget nikah.
  • Tips kedua setelah menentukan konsep, maka dilanjutkan pencarian jasa rias pengantin yang memiliki berbagai macam baju Betawi modern. Setelah menentukan, silahkan lakukan pengecekan ukuran baju atau sering disebut fitting.
  • Tips ketiga yaitu setiap bulan harus mencicil seserahan sesuai apa yang diinginkan pihak perempuan.
  • Tips keempat yakni gunakan wedding organizer untuk mengatur seluruh acara pernikahan.

Perbedaan Pernikahan Adat Betawi Tradisional dan Modern

Sekilas sudah tahu inspirasi pernikahan adat Betawi modern. Kini, ada beberapa perbedaan yang harus kamu ketahui antara acara resepsi pernikahan tradisional dengan modern. Hal ini dapat dilihat dari tema, baju maupun susunan acara.

Pasalnya dalam acara pernikahan tradisional pengantin melakukan beberapa ritual adat yang berlangsung lama. Dalam melangsungkan acara pernikahan Betawi tradisional dibantu oleh Mak Comblang sebagai juru bicara. Selain itu, nantinya di dampingi oleh pembawa acara setiap tahapan ritual.

Dalam menjalani ritual pernikahan Betawi tradisional di iringi oleh musik klasik berupa gamelan. Sehingga prosesi pernikahan dapat berjalan dengan hikmat.

Sedangkan perbedaan pernikahan adat Betawi modern terletak pada hiburan, baju, konsep yang sesuai keinginan pengantin. Meskipun menjalani pernikahan modern, tetap sebagai pengantin menjalani prosesi adat yang sudah turun menurun.

Kesimpulan

Setelah menyimak seluruh pembahasan, kini dapat disimpulkan bahwa pernikahan adat Betawi modern terlihat dari segi baju, tema serta susunan acara. Sehingga tidak ada perbedaan yang cukup signifikan. Pasalnya semua pengantin Betawi harus menjalani prosesi adat.

Demikian informasi yang dapat di sampaikan www.biayanikah.com terkait pernikahan adat Betawi modern secara lengkap. Dengan membaca informasi di atas bisa dijadikan referensi atau inspirasi yang tepat.

Tinggalkan komentar