Biaya Pernikahan Adat Melayu 2024 dan Susunan Acara

Biaya Pernikahan Adat Melayu – Sebagai masyarakat Kepulauan Riau ingin melangsungkan menikah harus mengikuti beberapa tradisi adat Melayu yang diharuskan. Oleh karena itu calon pasangan suami istri Kepulauan Riau harus mengumpulkan biaya pernikahan adat Melayu.

Adanya biaya pernikahan adat Melayu berguna untuk membeli kebutuhan acara pada saat akad nikah seperti hantaran, dekorasi, sewa gedung, catering dan masih banyak lainnya. Mungkin untuk menghitung semua rincian harus dibuat catatan berbentuk tabel agar sesuai nominal uang yang dimilikinya.

Pada dasarnya, adat Melayu melarang dan memantangkan tawar menawar dalam menentukan besar kecilnya hantaran. Kemudian dalam memberikan hantaran terbagi dua cara yaitu hantaran tidak sama naik dan hantaran sama naik. Jadi, tidak heran kalau biaya pernikahan adat Melayu harus dipersiapkan sebelum acara menikah dilangsungkan.

Oleh karena itu untuk orang awam atau pendatang yang ingin menikahi pasangan berasal dari adat Melayu, akan bingung besar kecilnya biaya pernikahan adat Melayu. Untungnya, pada pembahasan kali ini kami akan membagikan rincian anggaran biaya menikah adat Melayu secara lengkap.

Rincian Biaya Pernikahan Adat Melayu

Rincian Biaya Pernikahan Adat Melayu

Bagi masyarakat adat Melayu, pernikahan merupakan ekspresi tradisi untuk memenuhi perintah agama. Oleh karena itu sebelum menentukan hari pernikahan, calon pengantin harus memastikan bahwa sudah dewasa dan bersiap membangun rumah tangga khususnya pengantin pria.

Jika sudah menjadi suami istri, maka tugas sebagai suami harus menafkahi istrinya bersama anak-anaknya. Mungkin pikiran tersebut masih terlalu panjang, karena harus memikirkan bagaimana cara mengumpulkan biaya pernikahan. Hal tersebut karena tradisi adat Melayu pihak pria tidak boleh menawar mahar pernikahan yang diinginkan oleh pihak wanita. Mungkin untuk mempermudah pihak pria bisa melihat tabel rincian biaya menikah adat Melayu dibawah ini:

RincianBiaya
Biaya KUA adat Melayu datang RumahRp 600.000
Hantaran PernikahanRp 2.500.000
Sewa tenda atau gedungRp 15.000.000
Undangan dan souvenirRp 2.500.000
CateringRp 10.000.000
Dekorasi adat MelayuRp 10.000.000
Rias pengantin adat MelayuRp 7.500.000
Baju Akad Nikah Adat MelayuRp 5.000.000
MaharRp 5.000.000
Cincin perkawinanRp 5.000.000
FotograferRp 4.500.000
SeragamRp 1.000.000
Lain lainRp 1.500.000
Total Rp 70.100.000

Dari tabel diatas merupakan rincian perkiraan saja, sehingga calon pengantin harus menghitung kebutuhan yang sesuai dengan kondisi ataupun keinginan kedua pihak keluarga. Hanya saja, adanya rincian diatas bisa bermanfaat untuk calon pengantin mempersiapkan biaya sebelum pernikahan berlangsung.

Mungkin untuk kamu yang ingin melangsungkan acara pernikahan sederhana bisa mengumpulkan biaya sekitar 10 juta, 20 juta hingga 30 juta. Dengan biaya pernikahan sederhana, mungkin biaya lebih hemat bisa dikumpulkan untuk membeli kebutuhan disaat memulai membangun rumah tangga baru.

Susunan Acara Pernikahan Adat Melayu

acara pernikahan adat melayu

Pernikahan adat Melayu menjadi salah satu tradisi perkawinan yang masih kental adat istiadatnya, khususnya bagi masyarakat di Pulau Sumatera dan sekitarnya termasuk Kepulauan Riau. Sama halnya di adat Bali, sebelum melangsungkan pernikahan harus mengikuti ritual.

Serupa dengan adat Melayu, dimana terdiri berbagai ritual sebelum pernikahan dilangsungkan seperti merisik, merasi, meminang, mengantar tanda, mengantar belanja, menggantung-gantung, berandam dan khatam Qu’ran. Setelah semua ritual sebelum hari pernikahan telah diselesaikan, maka di hari pernikahan harus mengikuti susunan acara pernikahan adat Melayu seperti dibawah ini:

1. Akad Nikah

Prosesi akad nikah merupakan prosesi paling utama dalam pernikahan adat Melayu. Sama halnya dengan pernikahan di daerah Indonesia lainnya, di mana proses ini kedua calon pengantin duduk berhadapan yang terdapat seorang Kahdi dan dua saksi. Kedua orang tersebut merupakan peran penting karena menjadi saksi dalam pernikahan semasa hidupnya.

2. Tepuk Tepung Tawar

Setelah prosesi akad nikah selesai, maka dilanjutkan ritual tepuk tepung tawar yang mengharuskan pengantin wanita naik ke pelaminan adat Melayu. Kemudian pengantin pria akan mengikuti istrinya, sehingga nantinya akan duduk bersamaan di pelaminan. Nantinya seorang orang dituakan dari pihak keluarga wanita akan memulai ritual tepuk tepung tawar.

Tapi, dalam melaksanakan tepuk tepung tawar membutuhkan perlengkapan berupa daun gandarusa, rumput sambau, air ribu ribu dan daun pudding emas. Tidak hanya itu terdapat beras kunit, beras basuh, air bedak berlimau, bertih, inai cecah untuk dijadikan penyatu.

3. Bersanding dalam Perkawinan Adat Melayu

Kemudian dilanjutkan upacara bersanding di pelaminan adat Melayu, dimana pengantin akan duduk bersanding dengan bersila. Untuk prosesi ini diiringi tabuhan grup musik kompang dengan tujuan agar pasangan pengantin menjalani hidup baru dengan bahagia, rukun dan saling mencintai.

4. Bersuap-suap

Setelah pengantin sudah bersanding di pelaminan, maka langsung dilanjutkan prosesi bersuap-suap. Dimana kedua pengantin akan saling menyuapi diawali dengan ambilnya sirih lelat yang dipegang oleh pengantin pria. Setelah itu, mak andam akan mengambil pulut kuning, mengepal dan berbentuk bulat.

5. Makan Berhadap

Makan berhadap merupakan prosesi pengantin yang makan di atas pelaminan secara bersama-sama. Tetapi, para tamu undangan juga harus disuguhi dengan makanan dan minuman tersedia.

6. Menyembah dalam Pernikahan Adat Melayu

Ritual menyembah dilakukan sebelum waktu shalat maghrib atau shalat isya. Untuk prosesi ini pasangan pengantin akan bersanding, kemudian menyembah atau sungkem kepada orang tua.

7. Berambing dalam Pernikahan adat Melayu

Prosesi paling unik di adat Melayu adalah berambing, dimana pengantin pria tidak boleh tidur bersama pengantin wanita pada malam pertama. Tidak hanya di malam pertama, tetapi hingga satu minggu setelah pernikahan. Untuk prosesi ini sering disebut masa belum bertegur.

Kesimpulan

Sekian pembahasan dari kami mengenai biaya pernikahan adat Melayu dengan membuat rincian tabel secara lengkap. Adanya pembahasan diatas dapat bermanfaat untuk kamu yang ingin menikahi dengan adat Melayu, sehingga akan tahu total biaya harus dipersiapkan.

Tinggalkan komentar