4 Baju Nikah Adat Melayu Termurah dan Terbaik Maknanya

Baju Nikah Adat Melayu – Baju nikah merupakan pakaian khusus yang dikenakan oleh kedua pengantin pada hari pernikahan. Di negara Indonesia sendiri baju nikah sangat bervariasi yang tergantung dengan budaya, tradisi, agama dan persepsi individu. Mungkin salah satunya ada baju nikah adat Melayu yang mempunyai ciri khas dan makna tersendiri.

Baju nikah adat Melayu yang dikenakan wanita adalah baju kurung, sementara baju pria namanya cekak musang dan teluk belanga. Sama halnya adat Betawi, baju pengantin wanita dan pria tersebut memiliki perlengkapan tersendiri mulai dari daun siring, emas, pernak-pernik dan masih banyak lainnya.

Segi pembuatan dan bahan baju nikah adat Melayu menggunakan kain satin ataupun sutra. Sebab itu, baju nikah tersebut sering digunakan pada acara penting seperti pernikahan. Tidak hanya itu saja, jika baju adat Melayu dipakai tidak merasakan panas dan sangat nyaman digunakan.

Namun, sangat disayangkan kalau kalian belum tahu apa saja baju nikah adat Melayu untuk wanita ataupun pria. Apabila ingin tahu apa saja nama baju nikah tersebut bisa ikuti pembahasan dibawah ini dengan sesakma.

Baju Nikah Adat Melayu Wanita

Baju nikah merupakan salah satu bagian penting di pesta pernikahan khususnya wanita untuk merubah penampilan semakin cantik. Hal ini tidak lepas dari istimewanya pesta nikah yang hanya dilaksanakan seumur hidup bagi kedua pengantin. Oleh karena itu, tidak heran kalau calon pengantin ingin tampil berbeda di acara nikah.

Salah satu pakaian pernikahan di Indonesia sangat unik yaitu baju nikah adat Melayu khususnya wanita. Dari baju nikah wanita sangat istimewa dan cenderung menutup aurat karena mayoritas agama Islam. Selain itu ada beberapa aksesoris pelengkap baju pernikahan adat melayu wanita seperti dibawah ini:

  • Hiasan kepala seperti perkakasan andam
  • Kalung emas atau rantai papan serta dukoh bertingkat 3, 5, 7 menghiasi di leher wanita
  • Menggunakan gelang berkepala burung merak
  • Pada bagian bahu kiri diberi tampan-tampan atau sebai agar menarik
  • Canggai terbuat dari perak atau emas di jari tangan
  • Pada bagian pinggang diikat pakai pending emas
  • Pada bagian kaki kiri dan kanan diberi pakai gelang kaki emas atau perak berkepala kuntum bunga cempaka
  • Pada bagian Kaki beralaskan kasut atau selepa terbuat dari beludru yang dihiasi di kelingkan dan manik

Perlu diketahui bahwa baju pernikahan adat Melayu sering digunakan oleh masyarakat di wilayah Sumatera terutama di provinsi Riau atau Kepulauan Riau. Terkait ada berbagai macam baju nikah adat Melayu khususnya wanita bisa simak penjelasan biayanikah sebagai berikut.

1. Baju Kurung

Baju Kurung adat melayu

Baju kurung merupakan baju nikahan yang digunakan oleh mempelai wanita adat Melayu pada saat acara pernikahan. Untuk baju kurung sendiri mempunyai desain unik berupa motif polos atau bunga dengan ukuran lebih longgar hingga tidak membentuk lekukan tubuh. Tidak hanya itu, baju kurung mempunyai panjang baju mencapai lutut yang membuat baju ini akan aman digunakan bagi muslimah.

Selain itu, baju kurung tidak hanya dikenakan pada acara nikah saja dan biasanya masyarakat Melayu menggunakan baju tersebut dikenakan sehari-hari di rumah. Karena membeli baju kurung Melayu bisa melalui toko baju terdekat dengan harga terjangkau.

2. Baju Kebaya Labuh

Baju Kebaya Labuh

Kemudian ada baju kebaya labuh atau sering disebut kebaya panjang dan belah labuh karena memiliki panjang tiga jari di bawah lutut. Segi desain baju nikah kebaya labuh sangatlah menarik, apalagi di kombinasikan dengan selendang dan kain tudung. Untuk bentuk busana tidak terlalu longgar atau tidak sempit, sehingga sangat cocok digunakan para wanita yang berbobot 60 kg ketas.

Namun warna paling sering digunakan pada baju kurung adalah biru muda, putih, coklat dan masih banyak lainnya. Selain itu, pemakaian baju kebaya labuh bisa digunakan untuk selain acara pernikahan.

Baju Nikah Adat Melayu Pria

Setelah wanita, kini ada baju nikah adat Melayu pria dengan tampilan atau desain cukup sederhana. Karena ada beberapa aksesoris atau perlengkapan baju pernikahan adat Melayu pria seperti berikut ini:

  • Satu set busana kurung cekak musang, warnanya sama antara baju dan celana
  • Untuk motif baju berupa bunga cengkeh atau tampuk manggis lalu bertabur benang emas
  • Pada kain samping pria memiliki motif serupa seperti celana
  • Pada bagian kepala menggunakan hiasan distar berbentuk mahkota
  • Bisa memakai sebai di sebelah kiri bahu berwarna kuning bersulam kelingan
  • Pada bagian leher pengantin pria dikalungkan rantai panjang berbelit dua sebagai pertanda ikatan ayah dan ibu
  • Menggunakan pending atau bengkong warna kuning berdasarkan derajatnya
  • Menggunakan canggai di bagian ibu jari kelingking
  • Menggunakan sepatu runcing atau capal kulit
  • Menggunakan keris pendek berhulu burung selindit
  • Menggunakan sirih telat atau sirih pemanis

Setelah tahu perlengkapan di baju nikah khusus pria, maka selanjutnya harus tahu beberapa model yang sesuai adatnya. Tidak butuh waktu lama-lama, berikut baju nikah adat Melayu pria dibawah ini:

1. Baju Teluk Belanga

Baju Teluk Belanga adat melayu

Baju teluk belanga akan digunakan untuk pria, sedangkan wanita bisa menggunakan baju kurung atau kebaya labuh. Ciri khas dari baju teluk belanga adalah terletak di bagian kancing terdiri dari kancing tep, kancing permata dan kancing emas.

2. Baju Cekak Musang

Baju Cekak Musang

Selain baju teluk belanga, calon pengantin pria bisa menggunakan baju cekak musang yang dikombinasikan dengan celana panjang polos. Kemudian baju cekak musang mempunyai berbagai macam model atau warna seperti biru, coklat dan masih banyak lainnya.

Harga Baju Nikah Adat Melayu

Seperti yang sudah dijelaskan pada pembahasan diatas bahwa baju nikah tersebut bisa dibeli melalui toko pakaian atau aplikasi belanja online dengan harga lebih terjangkau. Selain itu, sebagai calon pengantin bisa memilih ukuran baju nikah sesuai bentuk dan berat badan.

Pada umumnya pembelian baju pernikahan adat Melayu langsung satu set wanita atau pria. Mungkin untuk lebih jelasnya bisa simak rincian harga baju nikah Melayu dibawah ini:

Jenis BajuHarga
Satu set Baju Nikah Melayu SongketRp 1.000.000
Satu Set Couple Baju Akad Nikah MelayuRp 500.000
Baju Pengantin Melayu Klasik SepasangRp 2.500.000
Kebaya Melayu PremiumRp 1.900.000
Gaun Pengantin Adat MelayuRp 2.500.000
1 Set Baju Melayu Teluk BelangaRp 132.000

Kesimpulan

Sekian pembahasan dari kami mengenai Baju Nikah Adat Melayu dengan perlengkapan busana wanita dan pria. Demikian informasi yang dapat disampaikan diatas semoga bermanfaat kepada calon pengantin adat Melayu untuk menentukan pakaian pada acara resepsi ataupun akad nikah.

Tinggalkan komentar