11 Jenis Undangan Pernikahan 2024, Kertas dan Digital

Jenis Undangan Pernikahan – Salah satu kewajiban sebagai calon pengantin ingin menikah harus menyebarkan undangan kepada keluarga, teman atau orang terdekatnya. Memang disaat membagikan undangan pernikahan harus pintar mencari desain atau model terbaru contohnya elegan, modern dan simple.

Karena banyak sekali contoh desain atau tampilan undangan pernikahan, maka beberapa calon pengantin akan bingung memilihnya. Berdasarkan pengalaman memilih desain undangan harus disesuaikan dengan tema pernikahan. Pada jaman sekarang membuat undangan bisa dalam bentuk kertas atau digital.

Mungkin, akan lebih mudah membuat undangan digital karena bisa dibagikan melalui sosial media atau aplikasi komunikasi yang digunakan. Selain itu, ada jenis undangan pernikahan seperti kertas menggunakan bahan berkualitas. Ketika menggunakan bahan berkualitas dan tampilan modern, maka tampilan undangan akan sangat mewah atau mudah dibaca.

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi terkait jenis undangan pernikahan mulai dari digital hingga bahan kertas. Apabila sudah tidak sabar ingin tahu apa saja jenis undangannya bisa ikuti pembahasan dibawah ini.

Jenis Undangan Pernikahan

undangan pernikahan digital atau kertas

Melaksanakan pernikahan merupakan hal yang wajib dilakukan oleh manusia agar berpasang-pasangan. Akan tetapi, sesuai adat dan istiadat daerah pernikahan harus dilakukan dengan meriah sehingga harus membagikan undangan ke teman, keluarga, orang dekat dan masih banyak lainnya.

Jika memang kalian orang penting di lingkungan sekitarnya, maka tugas besarnya adalah membagikan undangan pernikahan sebanyak-banyaknya. Hal tersebut bertujuan agar semua orang bisa mengetahui acara pelaksanaan pernikahan mulai akad nikah atau resepsi.

Sudah dijelaskan pada pembahasan diatas bahwa jenis undangan pernikahan pada jaman sekarang dibagi menjadi 2 yaitu kertas dan digital. Dari kedua jenis undangan tersebut mempunyai keunggulan dan kelemahan tersendiri. Apabila ingin tahu lebih jelas tentang kedua jenis undangan pernikahan tersebut biayanikah akan menjelaskan dibawah ini:

1. Undangan Kertas

Jenis undangan pernikahan dalam bentuk kertas sering digunakan pada jaman dahulu hingga sekarang. Walaupun sekarang masyarakat lebih cenderung memilih digital, akan tetapi jumlah peminat undangan kertas masih cukup banyak karena dalam bentuk ini lebih formal serta berkesan.

Meskipun cetak undangan kertas membutuhkan biaya sangat banyak, akan tetapi sebelum membuat harus menghitung jumlah tamu undangan yang akan diundang. Hal tersebut bertujuan agar jumlah undangan tidak melebihi batas atau kurang sehingga biaya nikah akan lebih hemat.

2. Undangan Digital

Pada era digital ini, kalangan anak mudah yang ingin menikah lebih memilih membuat jenis undangan pernikahan digital karena lebih hemat biaya serta terlihat modern. Memang, pembuatan undangan digital bisa dibuat dengan sendiri secara gratis atau membayar jasa seseorang.

Selain itu, keunggulan undangan pernikahan digital ini pada proses pembuatan hanya dilakukan satu kali aja. Kemudian membagikan undangan digital bisa lewat sosial media atau aplikasi komunikasi dengan memberikan tautan undangan.

Jenis Undangan Pernikahan Kertas

jenis kertas undangan

Karena jumlah peminat jenis undangan pernikahan kertas masih banyak, maka harus ketahui beberapa bahan berkualitas. Apabila ingin tahu jenis undangan pernikahan kertas bisa simak penjelasan dibawah ini:

1. Jenis Kertas Jasmine

Ketika membuat undangan pernikahan menggunakan kertas jasmine akan terlihat mewah dan eksklusif. Selain itu, akan diberikan pilihan desain atau tampilan undangan yang sesuai pilihan calon pengantin. Selain itu, harga jenis kertas jasmine untuk undangan terbilang terjangkau.

2. Jenis Kertas Concorde

Kertas concorde untuk undangan pernikahan mempunyai serat gratis tak beraturan pada permukaan kertasnya. Ketika membuat undangan pernikahan menggunakan kertas concorde akan terlihat romantis dan menarik serta harganya cukup murah.

3. Jenis Art Paper

Kertas art paper mempunyai tekstur permukaan halus dan licin, selain itu ada efek glossy sehingga akan terlihat mengkilap. Jenis kertas ini sangat cocok digunakan pelapis luat atau hard cover undangan.

4. Jenis Art Carton

Sebenarnya jenis kertas art carton mempunyai kesamaan dengan art paper hanya saja ada perbedaan yaitu gramaturnya atau tingkat ketebalan. Karena kertas art carton terkenal dengan tebal sehingga tidak perlu menggunakan hard cover.

5. Jenis Matt Paper

Jenis matt paper mempunyai kesamaan dengan art paper, namun kertas ini tidak memiliki warna atua tekstur mengkilap sehingga bisa menyerap tinta lebih cepat. Jadi itulah alasan jenis matt paper sering digunakan undangan.

6. Jenis Kertas Ivory

Jenis kertas ivory mempunyai kesamaan dengan kertas art paper, art carton matt paper, hanya saja kertas ini akan menghasilkan undangan menarik dan dikombinasikan desain mewah. Sehingga sangat cocok untuk calon pengantin yang masih mudah.

7. Jenis Kertas Linen

Ketika ingin membuat undangan pernikahan dengan kualitas kertas tahan lama, maka gunakan kertas linen. Karena dari kertas linen akan menghasilkan sentuhan berkelas serta tekstur kasar sehingga tampilan tulisan akan lebih jelas.

8. Jenis Kertas Aster

Apabila mempunyai biaya membuat undangan pernikahan sangat banyak, maka gunakan kertas aster premium karena memiliki permukaan halus ketika di cetak. Untuk menambahkan kemewahan di undangan kertas aster tambahkan tinta emas yang melambangkan kemakmuran.

9. Jenis Kertas Samson Kraft

Jenis undangan pernikahan dengan bahan kertas samson kraft menjadi pilihan terakhir karena memiliki warna cokelat dan bisa dituliskan. Selain itu, harga kertas samson kraft terbilang sangat murah dan tidak kalah saing dengan kertas lainnya.

Kesimpulan

Nah jadi kesimpulan pada pembahasan diatas merupakan undangan pernikahan dalam bentuk kertas ataupun digital. Apabila ingin membuat undangan kertas silahkan gunakan jenis kertas diatas sesuai kebutuhan.

Sekian pembahasan dari kami mengenai Jenis Undangan Pernikahan mulai dari bahan kertas hingga digital berkualitas tinggi. Adanya informasi di atas dapat bermanfaat untuk calon pengantin yang ingin menikah agar tidak bingung membuat undangan pernikahan.

Tinggalkan komentar