25 Hantaran Lamaran Sederhana dan Berkesan 2024

Hantaran Lamaran Sederhana – Salah satu perlengkapan yang harus dipersiapkan untuk calon perempuan, agar pihak keluarga yakin bahwa calon laki-laki mampu memberikan kebutuhan sehari-hari. Ketika melaksanakan lamaran dengan mendatangi rumah keluarga perempuan harus membawa hantaran atau seserahan.

Apabila membawa hantaran ke pihak keluarga perempuan, maka akan diterima dengan senang hati karena sebagai simbol mampun menjadi suami yang baik. Walaupun begitu, ada beberapa orang ingin memberikan hantaran sederhana. Tidak masalah kalau memberikan hantaran sederhana, karena nantinya akan membutuhkan biaya kembali saat proses pernikahan.

Karena tradisi hantaran lamaran sangatlah umum di setiap daerah sehingga harus dilakukan. Namun, ada beberapa laki-laki ingin tahu apa saja hantaran lamaran sederhana dan tidak mengeluarkan banyak biaya.

Nah pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi terkait hantaran lamaran sederhana mulai cincin, peralatan shalat dan masih banyak lainnya. Apabila sudah tidak sabar ingin tahu apa saja hantarannya bisa ikuti pembahasan di bawah ini.

Hantaran Lamaran Sederhana

Lamaran merupakan tahapan atau tradisi awal ketika ingin menikah dengan mendatangi pihak keluarga perempuan. Namun, sebelum mendatangi rumahnya sebagai pihak laki-laki harus membawa hantaran untuk simbol yakin dan tulus ingin menikahi perempuan tersebut.

Hantaran lamaran merupakan suatu oleh atau buah tangan dari laki-laki yang diserahkan kepada perempuan. Memberikan hantaran lamaran salah satu tradisi yang umum di Indonesia, namun ada beberapa orang bingung menentukan hantaran yang ingin diberikan.

Sebenarnya menentukan hantaran bisa dilakukan secara bersama-sama dengan pihak perempuan mulai dari cincin, peralatan sholat dan sebagainya. Apabila ingin tahu hantaran lamaran sederhana secara lengkap, maka biayanikah akan memberikan rekomendasi dibawah ini:

1. Cincin Lamaran

cincin lamaran

Hantaran lamaran sederhana paling utama yaitu membeli cincin lamaran, sebagai simbol keseriusan ingin menikahi perempuan yang disayangi. Selain itu, proses pemberian cincin lamaran dilaksanakan pada pertengahan acara yang dilakukan tukar cincin dan disaksikan oleh kedua pihak keluarga.

Apabila keinginan pihak perempuan ingin lamaran sederhana bisa digantikan dengan perhiasan lainnya. Namun, hal ini harus sesuai kesepakatan bersama perempuan.

2. Peralatan Sholat

perlengkapan sholat

Hantaran lamaran kedua yaitu peralatan sholat untuk kalian yang beragama Islam, jika non Islam maka bisa digantikan pakaian sehari-hari. Ketika memberikan hantaran peralatan sholat memiliki makna selalu mengingatkan calon mempelai agar selalu beribadah kepada tuhannya.

Adapun beberapa hantaran sholat sederhana contohnya Al-Qu’ran, Tasbih, Mukena dan sajadah. Dari banyaknya peralatan sholat bisa dipilih sesui keinginan calon mempelai perempuan.

3. Peralatan Mandi

perlengkapan mandi

Selanjutnya ada peralatan mandi seperti handuk, shampo, sabun dan sikat gigi bisa dijadikan pilihan hantaran sederhana. Selain sederhana, hantaran peralatan mandi mempunyai manfaat untuk calon mempelai perempuan. Akan tetapi, sebelum membeli harus memilih produk sesuai keinginan perempuan.

4. Perlengkapan Make Up

perlengkapan make up

Tentu saja sebagai perempuan akan senang diberikan hantaran perlengkapan make up, tapi pada saat memilih produk make up harus bersama perempuan. Hal tersebut bertujuan agar dipakai oleh calon mempelai perempuan karena sesuai produk yang sering dipakai. Adapun beberapa contoh perlengkapan make up mulai dari lipstik, bedak, skin care dan masih banyak lainnya.

5. Perlengkapan Tidur

perlengkapan tidur seserahan

Kebanyakan masyarakat Indonesia menggunakan perlengkapan tidur seperti sprei, bed cover dan bantal. Dari perlengkapan tidur bisa dijadikan pilihan hantaran sederhana karena tidak mengeluarkan biaya cukup mahal. Akan tetapi, pembelian perlengkapan tidur bersama calon mempelai perempuan agar memilih sendiri sesuai keinginan.

6. Satu Set Pakaian Dalam

sepatu seserahan

Kemudian satu set pakaian dalam perempuan bisa dijadikan pilihan hantaran sederhana, akan tetapi tidak boleh berlebihan karena masih proses awal. Ketika proses pernikahan boleh semua pakaian dalam perempuan bisa dijadikan hantaran.

7. Tas

tas untuk seserahan

Pilihan hantaran lamaran sederhana yaitu tas, mungkin calon mempelai perempuan akan senang diberikan atau hadiah tersebut. Akan tetapi, memilih produk atau merk tas harus bersama calon mempelai perempuan agar menentukan sendiri sehingga bisa digunakan sehari-hari.

8. Sepatu

hantaran murah

Tidak hanya hantaran sederhana tas, tapi sepatu bisa dijadikan hantaran apabila calon mempelai perempuan menyukainya. Perlu diingat membeli hantaran sederhana seperti sepatu harus memilih sesuai dengan kebutuhan sehari-hari.

9. Perhiasan

perhiasan lamaran

Pada pembahasan di atas ada hantaran cincin, akan tetapi cincin tersebut akan digunakan sebagai simbol calon mempelai perempuan akan melaksanakan pernikahan dengan laki-laki yang diinginkan. Saat ini, selain cincin bisa menggunakan perhiasan lainnya seperti kalung atau emas batangan.

10. Makanan

hantaran lamaran sederhana

Pihak keluarga laki-laki wajib membawa makanan atau cemilan sederhana, sebagai simbol bahwa mampu memberikan makanan kepada calon istri. Untuk membawa hantaran berupa makanan harus berkualitas.

11. Buah-buahan

hantaran lamaran sederhana

Selain makanan, pihak keluarga laki-laki bisa membawa buah-buahan dalam bentuk pastel dengan bungkusan menarik. Ketika membawa buah-buahan bisa sebagai simbol keluarga yang akan dibangun menjadi harmonis.

12. Daun sirih

hantaran lamaran sederhana

Rekomendasi hantaran lamaran sederhana terakhir yaitu daun sirih yang mempunyai makna berkesan. Daun sirih mempunyai makna yaitu untuk keberlangsungan hubungan pasangan.

Secara keseluruhan hantaran lamaran sederhana yang sering dibawah oleh pihak keluarga laki-laki yaitu cincin lamaran, makanan, buah-buahan, perlengkapan mandi dan pakaian. Akan tetapi, membeli hantaran lamaran tersebut membutuhkan biaya sekitar Rp. 1.500.000 hingga Rp. 2.000.000

Kesimpulan

Jadi kesimpulan dari pembahasan di atas yaitu tidak semua orang tahu hantaran lamaran yang ingin di bawa ke pihak keluarga perempuan. Ketika membaca pembahasan kali ini, akan semakin tahu apa saja hantaran lamaran yang harus dibawa.

Sekian pembahasan dari kami mengenai Hantaran Lamaran Sederhana dan tidak membutuhkan budget cukup banyak. Adanya informasi di atas dapat bermanfaat untuk kalian yang ingin melamar perempuan dengan tampilan sederhana.

Tinggalkan komentar