Post Wedding Adalah, Alasan, Perbedaan dan Artinya

Post Wedding Adalah – Ada sesi foto setelah pernikahan untuk pasangan yang belum sempat berfoto prewedding atau memang merencanakan sesi foto setelah menikah. Berbeda dengan pre wedding yang dilakukan sebelum pernikahan, post wedding dilakukan setelah pernikahan.

Post wedding merupakan momen istimewa di mana pasangan baru menikah dapat mengekspresikan kebahagiaan mereka setelah pernikahan. Meskipun berbeda dengan pre-wedding, di mana lebih fokus pada romantisme atau persiapan menuju pernikahan.

Sesi foto post pernikahan dapat dilakukan di berbagai lokasi seperti lokasi pernikahan atau tempat pertama kali bertemu. Beberapa pasangan memilih melibatkan elemen-elemen personal dalam foto post wedding, seperti membawa properti pernikahan atau menampilkan cincin kawin.

Selain itu, post wedding juga memungkinkan pasangan untuk merayakan perjalanan awal mereka sebagai suami istri. Untuk pengertian, alasan, perbedaan dan artinya dari post weedding sudah dirangkum biayanikah.com pada pembahasan berikut ini.

Post Wedding Adalah

Pengertian post wedding

Dengan berkembangnya tren fotografi pernikahan, banyak pasangan kekinian lebih banyak opsi untuk mengekspresikan cinta dan kebahagiaan mereka melalui berbagai jenis sesi foto, termasuk post wedding.

Seiring berjalannya waktu, sesi foto ini menjadi bagian penting dari perayaan pernikahan, memungkinkan pasangan untuk merayakan cinta mereka dengan cara yang unik dan penuh makna.

Beberapa ide foto untuk sesi post wedding melibatkan konsep tema, seperti sesi foto di tengah alam, di pantai, atau bahkan di tempat-tempat ikonik yang memiliki nilai sentimental bagi pasangan.

Pemilihan gaya fotografi, mulai dari gaya dokumenter hingga gaya editorial, dapat disesuaikan dengan selera dan kepribadian pasangan.

Sesi foto post pernikahan ini juga dapat dijadikan sebagai cara untuk merayakan pencapaian bersama serta menciptakan kenangan indah sepanjang perjalanan pernikahan mereka.

Terlebih lagi, foto ini dapat menjadi kenang-kenangan berharga yang dapat dibagikan dengan keluarga, teman, bahkan generasi mendatang.

Perbedaan Pre Wedding dengan Post Wedding

Perbedaan Pre Wedding dengan Post Wedding

Perbedaan yang jelas antara pre wedding dengan post wedding terletak pada waktu pelaksanaannya. Jika pre wedding dilakukan sebelum pernikahan, maka post wedding dilakukan setelah melangsungkan pernikahan. Selain itu, terdapat beberapa perbedaan lainnya, seperti berikut:

1. Waktu Pelaksanaan

Perbedaan paling mendasar antara pre wedding dengan post wedding ialah waktu pelaksanaannya. Pre wedding dilakukan sebelum pernikahan, seringkali beberapa bulan sebelum hari H.

Sesi pra wedding memberikan pasangan kesempatan untuk mengabadikan momen kemesraan mereka sebelum resmi menjadi suami istri. Di sisi lain, post wedding dilakukan setelah pernikahan, menangkap keceriaan dan kehangatan keluarga yang merayakan ikatan suci tersebut.

2. Pilihan Lokasi yang Berbeda

Dalam sesi foto prewedding, pasangan memiliki fleksibilitas untuk memilih lokasi yang mungkin tidak terkait langsung dengan pernikahan mereka. Lokasi tersebut bisa menjadi tempat pertemuan pertama, tempat favorit, atau bahkan destinasi mereka impikan.

Di sisi lain, sesi foto post wedding memberikan pasangan kebebasan untuk memilih lokasi yang mungkin memiliki nilai sentimental setelah pernikahan mereka, seperti tempat resepsi atau tempat berlangsungnya upacara pernikahan.

3. Kostum yang Berbeda

Dalam sesi foto pre wedding, pasangan seringkali memilih kostum khusus dirancang untuk sesi foto tersebut. Pakaian tersebut mungkin memiliki tema khusus sesuai dengan konsep pre wedding yang diinginkan, contohnya konsep kostum baju hitam.

Di sisi lain, sesi foto post wedding cenderung mencerminkan momen-momen seputar pernikahan, dengan fokus pada kebersamaan pasangan maupun keluarga. Pakaian yang digunakan biasanya lebih formal, mengingat pasangan telah menikah dan umumnya mengenakan pakaian pernikahan kembali.  

4. Mood yang Berbeda

Mood dalam sesi foto pre wedding cenderung lebih santai atau penuh dengan tawa serta senyum. Pasangan dapat mengekspresikan keceriaan mereka dan menikmati momen bersama sebelum resmi menjadi suami istri.

Sementara itu, sesi foto post wedding dapat menangkap keintiman pasangan yang mungkin lebih dalam, karena mereka telah melewati momen pernikahan serta mulai membangun kehidupan bersama.

5. Lingkup Keterlibatan

Pada foto pre wedding, keterlibatan keluarga mungkin tidak terlalu dominan. Fokus utama pada sesi foto ini adalah pada kedua mempelai dan bagaimana mereka merayakan kisah cinta mereka sebelum pernikahan.

Sedangkan sesi foto post wedding seringkali melibatkan keluarga dari kedua belah pihak. Hal ini memberikan kesempatan untuk merayakan hubungan keluarga baru terbentuk dan mengabadikan momen bahagia bersama orang-orang terdekat.

6. Fokus pada Perasaan Setelah Pernikahan

Sesi foto post wedding memberikan kesempatan bagi pasangan untuk merayakan dan mengekspresikan perasaan setelah pernikahan. Mereka dapat menangkap momen kebahagiaan, kedewasaan, dan mungkin juga rasa haru setelah melewati upacara pernikahan mereka.

7. Fleksibilitas Waktu yang Lebih Besar

Sesi foto pre wedding seringkali dijadwalkan sebelum pernikahan dengan batasan waktu tertentu, terutama jika diadakan di luar ruangan.

Di sisi lain, sesi foto post wedding memberikan lebih banyak fleksibilitas waktu karena pasangan tidak terburu-buru untuk menyelesaikan sesi foto sebelum pernikahan.

Ini memungkinkan mereka untuk menikmati momen dengan lebih santai dan menangkap cahaya ideal untuk menghasilkan foto mengesankan.

Dengan mempertimbangkan beberapa perbedaan ini, pasangan dapat membuat keputusan yang tepat sesuai dengan preferensi atau keinginan mereka.

Pilihan antara pre wedding dan post wedding sebenarnya bersifat pribadi maupun tergantung pada apa yang paling penting serta bermakna bagi mereka dalam mengabadikan momen istimewa pernikahan mereka.

Alasan Memilih Post Wedding

Alasan Memilih Post Wedding

Pernikahan adalah babak baru dalam kehidupan berpasangan, dan untuk merayakannya, tren fotografi pasca pernikahan atau post ini semakin menjadi pilihan favorit.

Baca Juga:

Berbeda dengan sesi foto pre wedding yang dilakukan sebelum pernikahan, post wedding menawarkan keunikan atau kemeriahan tersendiri.

Berikut adalah alasan memilih sesi foto post wedding lebih seru dibanding dengan pre wedding:

1. Menaati Syariat Agama

Dalam ajaran Islam, ditegaskan bahwa tidak diperbolehkan bagi pasangan belum resmi menikah untuk berdua-duaan, bahkan menunjukkan keintiman. Dengan melakukan sesi foto post ini, pasangan dapat dengan bebas berfoto sambil berpegangan tangan tanpa perasaan khawatir akan dosa, karena mereka telah sah menjadi suami istri.

2. Tidak Dikejar Waktu

Kita semua menyadari bahwa pernikahan memerlukan waktu banyak atau matang untuk menyelesaikan setiap detailnya. Tidak hanya itu, banyak pasangan memilih memutuskan menikah dalam waktu singkat, dengan harapan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Waktu persiapan pernikahan sangat terbatas atau hari bahagia semakin mendekat, banyak pasangan yang merasa kesulitan untuk menyempurnakan segala persiapan dengan sempurna. Sesi foto pre wedding menjadi bagian penting dari momen tersebut sering kali terlupakan atau diabaikan.

Oleh karena itu, konsep post wedding muncul sebagai solusi sangat tepat. Dengan melakukan sesi foto post ini, pasangan tidak lagi terbebani oleh keterbatasan waktu yang mepet menjelang hari H.

3. Lebih Hemat

Setiap pasangan tentunya menginginkan honeymoon setelah pernikahan. Dalam konteks ini, kamu bisa mengoptimalkan momen bulan madu dengan menyelenggarakan sesi foto post ini, yang dapat diatur dengan bantuan jasa fotografer atau stylist tersedia di lokasi honeymoon.

Untuk menjadikan perjalanan bulan madu tak terlupakan, pasangan dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk melakukan sesi foto post wedding. Dengan membawa kostum sesuai, bulan madu dapat menjadi momen sempurna untuk mengabadikan kenangan indah dengan hasil foto luar biasa.

Hal tersebut secara tidak langsung dapat membantumu dalam mengurangi pengeluaran dengan menghindari biaya sewa tempat yang biasanya diperlukan untuk sesi foto pre wedding.

4. Lebih Luwes

Setelah melangkah sebagai suami istri, pasangan memiliki kebebasan untuk berpose tanpa ada rasa ragu atau malu-malu. Bagi sebagian orang, situasi bersentuhan sebelum menikah dapat menciptakan kecanggungan.

Oleh karena itu, konsep post pernikahan menjadi pilihan ideal bagi mereka yang memegang prinsip tersebut, karena sesi foto ini memberikan keleluasaan yang lebih besar untuk berpose dengan lebih santai setelah sah secara resmi sebagai pasangan suami istri.

5. Foto Terasa Lebih Hidup

Sebelum menikah, kasih sayang memang terlihat begitu manis maupun hangat. Namun, pengalaman berbeda ketika kita menangkap pandangan penuh cinta dari pasangan yang baru menikah.

Dari sinilah, hasil foto post wedding dapat menciptakan kesan lebih hidup. Tidak hanya itu, ekspresi kebahagiaan selama bulan madu tergambar dalam foto post wedding turut menjadi momen berharga.

Setiap orang melihat foto tersebut dapat merasakan kehangatan cinta terpancar di antara kalian berdua.

6. Bisa Foto Bersama Keluarga

Pernikahan dianggap sebagai ikatan dua individu dan dua keluarga, sehingga melibatkan keluarga dalam acara foto-foto ini menjadi cara yang menyenangkan untuk mempererat hubungan antar keluarga. Berbeda dengan kemesraan pada foto pre wedding, sesi post wedding menampilkan keceriaan dan kehangatan keluarga yang turut merayakan peristiwa bahagia tersebut.

7. Lebih Banyak Pilihan Konsep Foto

Pada foto pre wedding, umumnya hanya berfokus pada kedua mempelai. Tetapi, foto post wedding memberikan kebebasan untuk mengusung konsep berbeda, seperti berdua di ranjang atau melibatkan keluarga.

Selain itu, dalam foto post wedding, pasangan dapat mengambil pose lebih intim, seperti berpelukan, mencium pipi atau kening, atau menciptakan pose lain lebih mesra daripada foto pre wedding. Ini memberikan ruang kreatif lebih besar untuk mengekspresikan hubungan yang lebih dalam antara pasangan setelah pernikahan.

Selain konsep pose foto, kamu juga bisa memiliki pilihan lokasi lebih beragam. Dibandingkan dengan foto pre wedding yang tidak memungkinkan untuk mengeksplorasi lebih banyak tempat dan konsep karena beberapa alasan, misalnya belum ada cuti kerja atau izin dari orang tua.

Kesimpulan

Sesi foto pra menikah menjadi pilihan menarik bagi pasangan yang ingin mengekspresikan kebahagiaan setelah pernikahan tanpa batasan waktu dengan penuh gaya.

Dengan melibatkan keluarga, kebebasan konsep foto atau lokasi, serta post wedding memberikan pengalaman lebih seru maupun menciptakan kenangan tak terlupakan.

Jadi, Post wedding adalah sebuah konsep foto yang memberikan pasangan peluang untuk merayakan kebahagiaan mereka setelah pernikahan dengan keunikan dan kemeriahan yang tak terlupakan.

Dengan fokus pada kebebasan konsep, melibatkan keluarga, disertai hasil foto lebih hidup, serta post pernikahan ini menjadi pilihan seru dan bermakna dalam mengabadikan awal perjalanan kehidupan bersama sebagai suami istri.

Tinggalkan komentar